ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS DITINJAU TERHADAP KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS (KAM) SISWA

Juwita Ariztin, Hepsi Nindiasari, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa, dan ditinjau melalui kemampuan awal matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 7 Kota Cilegon, pada awal bulan September – akhir bulan Oktober 2021. Subjek penelitian ini adalah guru matematika, wali kelas, dan dua kelas siswa kelas 8. Pengumpulan data menggunakan teknik tes uraian, wawancara dan dokumentasi. Indikator yang digunakan telah diinduksi dari beberapa peneliti terdahulu sehingga menjadi tiga aspek yaitu ekspresi matematis, langkah pengerjaan, dan kesimpulan pengerjaan. Hasil dari penelitian rata-rata skor yang didapatkan untuk kemampuan matematis tertulis siswa adalah 57,11% dan adanya hubungan dengan kemampuan awal matematis siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fadillah, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, 1(1987), 1–12.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, May). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1). IOP Publishing.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, May). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012052).

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika, 3(1), 76–84.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis : A Method Sourcebook (3rd ed.). London: Sage.

NCTM. (2000). Executive Summary : Principles and Standards for School Mathematics Overview, 1–6. Retrieved from https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Principles-and-Standards/

Nurulrokhimah, A., Supriyono, & Darmono, P. B. (2020). DESKRIPSI KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(2), 25–31.

Pratama, R. S. (2017). Analisis Kemampuan Menulis Matematis Siswa Kelas VII SMP Raden Fatah Batu Tahun Ajaran 2016-2017. Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Urquhart, V. (2009). Using Writing in Mathematics to Deepen Student Learning, 1–23. Retrieved from www.mcrel.org




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i4.13572

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika