ANALISIS SELF-ESTEEM MATEMATIS SISWA SMP BERDASARKAN TEORI ROSENBERG

Mu'minatu Fadhila Tohir, Syamsuri Syamsuri, Anwar Mutaqin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan self-esteem matematis siswa SMP negri dan swasta berdasarkan teori Rosenberg. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pasarkemis dan SMP Islam Iqro Pasarkemis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Untuk mengukur tingkat self-esteem matematis digunakan angket berdasarkan RSES (Rosenberg Self-Esteem Scale) yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan self-esteem antara siswa sekolah negeri dan swasta. Secara keseluruhan tingkat self-esteem siswa negeri lebih tinggi dibanding dengan self-esteem siswa swasta.


Teks Lengkap:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i2.13593

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika