Pengembangan LKPD dengan Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) pada Materi Perbandingan untuk Siswa Kelas VII

naufal rizqullah, yuyu yuhana, syamsuri syamsuri

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi karena  terdapat guru yang menggunakan metode pembelajaran konvensional yang mengakibatkan situasi pembelajaran kurang efektif dan bahan ajar yang kurang bervariasi. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk:  (1) menghasilkan LKPD matematika dengan pendekatan RMT yang layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika; (2) mengetahui respon siswa dan guru mengenai penggunaan LKPD tersebut  dalam pembelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan menurut Sugiyono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan lembar kerja peserta didik dengan pendekatan RMT yang layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari hasil uji validasi oleh ahli dengan persentase kelayakan mencapai 82,67% dengan kategori cukup valid; dan (2) kualitas LKPD berdasarkan hasil respon siswa dan guru menunjukkan kriteria praktis dengan persentase nilai masing-masing 72% dan 78%.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika