Pengembangan LKPD dengan Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) pada Materi Perbandingan untuk Siswa Kelas VII

naufal rizqullah, yuyu yuhana, syamsuri syamsuri

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi karena  terdapat guru yang menggunakan metode pembelajaran konvensional yang mengakibatkan situasi pembelajaran kurang efektif dan bahan ajar yang kurang bervariasi. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk:  (1) menghasilkan LKPD matematika dengan pendekatan RMT yang layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika; (2) mengetahui respon siswa dan guru mengenai penggunaan LKPD tersebut  dalam pembelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan menurut Sugiyono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan lembar kerja peserta didik dengan pendekatan RMT yang layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari hasil uji validasi oleh ahli dengan persentase kelayakan mencapai 82,67% dengan kategori cukup valid; dan (2) kualitas LKPD berdasarkan hasil respon siswa dan guru menunjukkan kriteria praktis dengan persentase nilai masing-masing 72% dan 78%.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i2.13891

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika