PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI LITERASI NUMERASI PADA SISWA SMP

Ahmad Pernando Alfariji, Ria Sudiana M.Si., Etika Khaerunnisa M.Pd.

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis sebagai salah satu tujuan pembelajaran matematika dan literasi numerasi sebagai pengaplikasian konsep dalam pemecahan masalah matematika. Model pembelajaran Knisley diyakini mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis sehingga diharapkan siswa dapat menggunakan literasi numerasi dengan baik. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Knisley terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari literasi numerasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Tangerang tahun ajaran 2019/2020 dengan sampel diambil secara purposif yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 siswa dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol berjumlah 28 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (mixed method) dengan desain concurrent embedded. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar observasi, pedoman wawancara, dokumentasi, dan peneliti. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan siswa kelas kontrol. Ditinjau dari literasi numerasi,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, Y., Mulyana, E., & Kustiawan, C. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Knisley dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. FPMIPA Jurnal Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 17, No. 1, Hal. 8-16.

Andinasari, Misdalina, & Samnufida, R. (2018). Belajar Materi Prisma Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Kolb-Knisley. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas Pgri Palembang 05 Mei 2018. Hal. 445- 450.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Ayuningsi, N. P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley Berbantuan Bulletin Board Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smk. Seminar Nasional Royal (SENAR), 9986(September), 541–546.

Dewi, Y.A. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Knisley dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. Vol. 1, No. 1, Hal. 35-40.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional. Tersedia online di http://gln.kemdikbud.go.id

Knisley, J. (2003). A Four-Stage Model of Mathematical Learning. Mathematical Educator, 12 (1), 10. Tersedia online di http://WilsonCoe.uga.edu/DEPT/TME/Issue/v12n1/3Knisley.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sundermann. Vol. 1, No. 1, Hal. 28-43. Lestari, E. & Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mahmud, M.R. & Pratiwi, I.M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 1, April 2019, Hal. 69-88.

Silva, E. Y., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2013). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Uncertainty Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.335.

TIMSS. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics http://puspendik.kementrian/www.timss2015.org.

Widoyoko, E.P. (2016). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ulya, ah, & Hidayah, I. (2016). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT Info Artikel. UJMER Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 178–183. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i3.14007

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika