PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT KELAS IXD SMPN 14 KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat . Penelitian ini melibatkan siswa kelas IXD SMP Negeri 14 Kota Serang Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 36 orang. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian yang terdiri dari Lembar Observasi Guru dan Siswa, Lembar kuisioner siswa, Catatan pengamatan teman sejawat, dan instrumen penilaian hasil belajar dari masing-masing siklus. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan dengan melalui 2 siklus. Berdasarkan pengamatan dan analisis data dari instrumen penelitian yang telah disusun diperoleh hasil nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 71,86 dengan 22 orang siswa telah mencapai ketuntasan dalam pembelajaran, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 2 sebesar 77,94 dengan 28 siswa mencapai ketuntasan belajar. Hal ini berarti bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh Problem Posing Dan Pbl Terhadap Prestasi Belajar, Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.7303
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
Hadi, S. (2016). Scaffolding dalam Menyelesaikan Permasalahan KPK dan FPB. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 141–148. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.16
Hastari, R. C. (2019). Penerapan Strategi Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.2811
Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2019). Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian
Belajar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5359
Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034
Pradika, L., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh Diskusi Kelompok Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Sikap Dan Hasil Belajar Siswa SMP Di Kota Serang. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 47. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.6886
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149
Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Tecnoscienza, 2(1), 43–52.
DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i1.14043
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika