DESKRIPSI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA MTS DALAM PENYELESAIAN SOAL PISA

Irwan Syaifurohman, Yuyu Yuhana, Sukirwan Sukirwan

Sari


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA dan mengetahui level kemampuan siswa dalam menyelesaikan kemampuan literasi matematis siswa. Jenis peniltian yang dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan subjek penelitian ini dilakukan di kelas IX MTs Nurul Falah Ciaseum. Pengambilan subjek tersebut dengan menggunakan purposive sampling. Pelaksanaan penelitian diberikan soal PISA level 1 hingga 6 dengan penerapan kemampuan literasi matematis. Hasil penelitian ini menunjukan pada level 1 semua siswa merasa soal nomor 1 tidak terlalu sulit dan bisa mengerjakan soal tersebut, rata rata hasil perolehan pada nomor 73,8%. Soal pada level 2 siswa mengalami kesulitan dalam menganalisa untuk mendapatkan jawaban yang benar dan rata rata hasil yang di peroleh adalah 35,3%. Pada level 3 di dapatkan bahwa siswa cukup mengerti dan bisa menjawab dengan benar dan di dapatkan hasil perolehan 67,6%. Pada level soal 4, 5 dan 6 hampir semua siswa mengalami kesulitan dalam penalaran dan tidak mendapatkan jawaban yang benar. Adapun rata rata yang di peroleh oleh siswa pada soal level 4,5 dan 6 yaitu 17,6%, 11,1% dan 15,3%

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, A., Sappaile, B. I., & Djadir. (2015). Literasi Matematis Siswa Dalam Menyederhanakan Ekspresi Aljabar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1–12.

Alfi, N. A. (2019). Analisis Kemampuan Matematis Dalam Menyelesaikan Soal PISA ( Programme For International Student Assesment) Pada Konten Kuantitas Pada Siswa Kelas X SMAN 2 Takalar. In Universitas Muhammadiyah Makassar (Vol. 3).

Annajmi, Eka Rahmawati dan Hardianto. (2016). “Analisis Kemampuan Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA.” Jurnal Pendidikan Matematika: 1-5

Dewantara, Andi Harpeni., Zulkardi, dan Darmawijoyo. (2015). "Assesing Seventh Graders’ Mathematical Literacy in Solving PISA-Like Tasks”. IndoMS-JME (6)2: 39-49.)

Draper, R.J.(2002). “School Mathematics Reform, Constructivities, and Literacy: A Case for Literacy Instruction in The Reform Oriented Math Classroom”. Journal of Adolescent & Adult Literacy.)

Fathani, A.H (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligence. Jurnal EduSains, 4(2), 136-150.

Ernawati, A. M. F. (2020). Analisis Kemampuan Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Kuantitas. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 212–225.

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligencies. 4, 136–150.

Fitri Mujulifah, Sugianto, Hamdani. (2015). Literasi Matematis dalam Menyelesaikan Ekspresi Aljabar Siswa SMP

Gunardi, E. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII A SMP Pangudi Luhur Moyudan Tahun Ajaran 2016/2017.

Hilaliyah, Nurul. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematics Education Bernilai Budaya Banten Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis. Skripsi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jayanti, Waluya, & Rusilowati.(2014). Analisis Pembelajaran Literasi Matematika Serta Karakter Siswa Materi Geometri dan Pengukuran. Unnes Journal of Mathematics Education Research, Vol 3 (2) : 79-83.)

Johar, R. (2012). Domain Soal PISA Untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30–41.

Jumarniati, Pasandaran, R. F., & Riady, A. (2016). Kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan masalah turunan fungsi trigonometri. Jurnal Pedagogy, 1(2), 66–75.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

Lange, dkk. (2006). Assesing Scientific, Reading and Mathematical Literacy: A Framework for PISA 2006. Paris: dipublikasikan oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD).

Marina., Yusmin, E., & Yani, A. T. (2016). Proses Literasi Matematis Dikaji Dari Content Space And Shape Dalam Materi Geometri Di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(11), 1–11.

Maulana, A., & Hasnawati, H. (2016). Deskripsi kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 1–14.

Miles & Huberman. (2012). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjejep Rohandi Rohidi. Jakarta:Universitas Indonesia I Press.)

Moma, La. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VI SD dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pengukuran Panjang. Ambon: FMIPA Universitas Pattimura.

OECD.(2006). “Programme for International Student Assesment (PISA) Results from PISA 2015.” Diakses pada 13 Maret 2019(http://www.oecd.org/PISA/PISA-2015-Indonesia.pdf)

OECD.(2014). PISA 2009 Result: What Students Know and Can Do: Student Performance In Reading, Mathematics, And Science. Diakses pada 13 Maret 2019(http://www.oecd.org/PISA/PISA-2015-Indonesia.pdf)

OECD. (2013). PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving, and Financial Literacy. Diakses pada 13 Maret 2019(http://www.oecd.org/PISA/PISA-2015-Indonesia.pdf)

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and analytical framework: Mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. Paris:OECD Publishing.

Ojose. (2011). “Mathematics Literacy: Are We Able to Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?.” Journal of Mathematics Education, 4(1): 89-100.)

Pulungan, D. A. (2014). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model Pisa. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(2), 2–6.

Putri Pirnanda, Sugiatno, Asep Nursangali (2015). Literasi Kuantitatif Peserta Didik dikaji dari Aspek Konteks dan Change and Relationship dalam Aljabar SMP.

Rahmawati, E., Annajmi, & Hardianto. (2016). Analisis Kemampuan Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA.

Stacey, K. (2010). “Scientific Literacy Around The World Education in Southeast Asia.” Mathematical and Journal of Science and Mathematics I , 33(1) 1-16.)

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Sugiman.(2009). Pandangan Matematika Sebagai Aktivitas Insani Beserta Dampak Pembelajarannya. Makalah. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta. 5 Desember 2009.)

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kompetorer.)

Wardhani, Sri dan Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, 55

Wardono, & Mariani, S. (2014). The Realistic Learning Model With Character Education And PISA Assessment To Improve Mathematics Literacy. International Journal of Education and Research, 2(7), 361–372.

Wardono., Waluya, Budi, Kartono., Sukestiyarno, dan Mariani, Scolastika. (2015). “The Realistic Scientific Huumanist Learning with Character Education to Improve Mathematics Literacy Based on PISA.” International Journal of Education and Research (3): 349-362.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i4.15047

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika