DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP ARITMETIKA SISWA SMP KELAS 8 BERDASARKAN TEORI APOS

Anida Safira Sabilla, Yani Setiani, Aan Subhan Pamungkas

Sari


Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemahaman konsep pada materi barisan aritmetika berdasarkan Teori APOS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui dokumentasi, tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Legok. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep matematika siswa berbeda-beda. Pada siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi seluruh indikator dari tahap APOS. Sedangkan pada siswa berkemampuan sedang mampu memenuhi indikator pada tahap aksi dan proses, namun pada tahap objek hanya memenuhi 1 dari 2 indikator, serta masih kurang dalam memenuhi tahap skema. Adapun pada siswa berkemampuan rendah hanya mampu memenuhi indikator tahap aksi serta belum memenuhi indikator tahap proses, objek serta skema.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i4.15195

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika