PENGEMBANGAN BARUDA MENGGUNAKAN KODULAR UNTUK PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui penilaian dan mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap baruda menggunakan kodular untuk pembelajaran dengan pendekatan problem solving pada materi bangun ruang sisi datar SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan prosedur pengembangan Tessmer. Instrumen yang digunakan berupa skala likert dengan lima pilihan yang digunakan untuk mengetahui kevalidan serta respon siswa dan guru. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dari ahli media, ahli pendidikan, guru matematika dan siswa. Hasil penelitian ini berupa : 1) Pengembangan baruda menggunakan kodular untuk pembelajaran dengan pendekatan problem solving pada materi bangun ruang sisi datar SMP. 2) Penilaian Kevalidan aplikasi baruda memperoleh persentase 77% dari ahli media dan 84% dari ahli pendidikan sehingga baruda dalam kriteria cukup valid. 3) Penilaian respon guru matematika memperoleh persentase 90% atau sangat baik. Sedangkan respon siswa pada tahap one-to-one memperoleh 87% serta pada tahap small group dan field test memperoleh 84% atau sangat baik.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan Mobile Learning Bagi Pembelajaran. JKKP : Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 4(2), 97–101.
Aryati, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis STEM pada Materi Barisan dan Deret.
Febriana, A., Ngazizah, N., & Kurniawan, E. S. (2013). Pengembangan Student Worksheet Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Dinamika Rotasi Dan Keseimbangan Benda Tegar Sma Kelas Xi. Jurnal Radiasi, 3(1), 1–6.
Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Samudra Biru.
Hilir, A. (2021). Pengembangan Teknologi Pendidikan Peranan Pendidik dalam Menggunakan Media Pembelajaran. In Lakeisha. Lakeisha.
International Association for Evaluation of Educational Achievement (IEA). (2015). TIMSS 2015 International Result in Mathematics. In The SAGE Encyclopedia of Educational Research, Measurement, and Evaluation.
Kasmawati. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berkerangka Problem Based Learning Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas VIII SMP.
Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10–22.
Lumbatobing, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs Swasta Islamiyah Urung Pane Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan T.P. 2017-2018.
Nasution, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 1(1), 47–63.
OECD, P. (2017). Assessment and analytical framework: science. In Reading, Mathematic and Financial Literacy,(Interscience: Paris, 2016).
Rianti, R. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 802–812.
Unonongo, P., Ismail, S., & Usman, K. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di kelas IX. Journal of Authenic Research on Mathematics Education (JARME), 2(2), 43–49.
Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment On Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teacher (Doctoral disertation, University of Twente, Enschede).
DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i4.15216
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika