Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Secara Online

Siti Nursaadah, Heni Pujiastuti, Yani Setiani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar pada diri siswa ketika diterapkannya pembelajaran secara daring. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Terdapat 28 orang siswa SMA yang digunakan sebagai subyek dalam penelitian ini. Intrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis model Miles dan Huberman yang dimana terdapat tiga tahapan didalamnya yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika secara online berada pada kategori sedang. Sedangkan terkait kemandirian belajar termasuk pada kategori baik. siswa sudah memiliki insiatif sendiri dalam belajar, namun perlu dilakukannya evaluasi terhadap proses dan hasil belajar oleh guru ataupun siswa itu sendiri agar dapat menentukan kesulitan-kesulitan selama pembelajaran dan menemukan solusi yang tepat.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i4.15287

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika