Eksplorasi Kemampuan Representasi dan Literasi Matematis Siswa MTs melalui Pendekatan Problem Solving

Lia Fauzatu Solikhah, Syamsuri Syamsuri

Sari


Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pembelajaran yang berbeda yakni pendekatan problem solving dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini memuat kajian untuk  mengeksplorasi kemampuan representasi dan literasi matematis antara siswa yang mendapatkan pendekatan problem solving dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan representasi matematis antara siswa yang mendapatkan pendekatan problem solving lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Selain itu, kemampuan literasi matematis siswa yang mendapat pendekatan problem solving lebih baik dibanding siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 179–188.

Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal e-DuMath, 2(1), 128–137.

Atsnan, M. F., Gazali, R. Y., & Nareki, M. L. (2018). Pengaruh Pendekatan Problem Solving Terhadap Kemampuan Representasi dan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 135–146.

Brenner, M. E., Mayer, R. E., Moseley, B., Brar, T., Duran, R., Reed, B. S., & Webb, D. (1997). Learning by Understanding: The Role of Multiple Representations in Learning Algebra. American Educational Research Journal, 34(4), 663–689.

Dito, S. B., & Khaerunnisa, E. (2021). Model Double Loop Problem Solving Sebagai Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 2(3), 141–148.

Irmawati, I., Syamsuri, S., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul Matematika SMP Berbasis Teori Polya Pada Materi Segiempat. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 3(2), 158–171.

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. United States of America: National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Pranata, N., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). Efektivitas Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP berbasis Karakter dan Budaya Lokal. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3), 236–244.

Prihasyto, M., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 1(1), 16–34.

Rahmawati, A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pascasarjana STKIP Siliwangi Bandung. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung.

Riki Andriansyah, R., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Problem Solving Pada Siswa SMK. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 209–212.

Sari, D. P., & Rosjanuardi, R. (2018). Errors of Students Learning with React Strategy in Solving the Problems of Mathematical Representation Ability. Journal on Mathematics Education, 9(1), 121–128.

Sholikin, N. W., Sujarwo, I., & Abdussakir, A. (2022). Penerapan Teori Belajar Bermakna untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Kelas X. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 386–396.

Slavin, R. E. (2003). Educational Psychology : Theory and Practice. Boston: Pearson Education.

Wahyuningtyas, A., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). Efektivitas Pendekatan Kontekstual Berbasis Karakter dan Budaya Lokal terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 226–235.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i4.15288

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika