Eksplorasi Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa MTs melalui Model Blended Learning

Rizki Nugraha, Syamsuri Syamsuri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa dengan menggunakan model blended learning dan pembelajaran konvensional. Dari temuan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep pada siswa yang mendapat model blended learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional, selain itu tingkat disposisi matematis siswa yang mendapat model blended learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwan, M. (2017). Pengembangan Model Blended Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo untuk Mata Pelajaran Geografi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 65–76.

Arham, U. U., & Dwiningsih, K. (2016). Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning pada Materi Pokok Kimia Unsur. Unesa Juornal of Chemical Education, 5(2), 345–352.

Dahar, R. (2006). Tori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Garner, B., & Oke, L. (2014). Blended Learning: Theoretical Foundations. Marion: Indiana Wesleyan University, Inc.

Hidayah, I. S., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VII dalam Memahami Materi Segiempat dan Segitiga dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 631–642.

Isjoni. (2014). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Jarnawi. (2003). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Melalui Pendekatan Pembelajaran Open-Ended, Stude Eksperimen pada Siswa Sekolah Lanjutan Pertama Negeri di Kota Bandung. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Juniati, A., Nindiasari, H., & Khaerunnisa, E. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Karakter Siswa SMP dalam Pembelajaran E-Learning. WILANGAN (Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika), 1(2), 22–36.

Khoiroh, N., Munoto, & Anifah, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97–110.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Helping It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academies Press.

Margareth, E. G. (2011). Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksloratif. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 189–199.

Nugraha, D. G. A. P., Astawa, I. W. P., & Ardana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kelancaran Prosedur Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 75–86.

Payung, L. M., Ramadhan, A., & Made, I. (2016). Pengaruh Pengetahuan Awal, Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Parigi. E-Jurnal Mitra Sains : Universitas Tadaluko, 4, 183–191.

Prihasyto, M., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 1(1), 16–34.

Priyambodo, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Personalized System of Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 10–17.

Putranti, N. (2013). Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2), 139–147.

Putri, F., Setiani, Y., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Experience , Language , Picture , Symbols , Application ( Elpsa ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Smp. WILANGAN (Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika), 1(1), 16–31.

Ratnawati, E. (2016). Karakteristik Teori-Teori Belajar Dalam Proses Pendidikan (Perkembangan Psikologis dan Aplikasi). Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2), 1–23.

Septiyan, I., Anriani, N., & Hendrayana, A. (2019). Perbandingan Model Discovery Learning Dan Blended Learning Terhadap Pencapaian. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 1(2), 75–93.

So, H.-J., & Bonk, C. (2010). Examining the Roles of Blended Learning Approaches in ComputerSupported Collaborative Learning (CSCL) Environments: A Delphi Study. Educational Technology & Society, 13(3), 189–200.

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88.

Tahmir, S., Nasrullah, N., & Hermia, E. (2021). Pengaruh Sistem Manajemen Pembelajaran Virtual Berbasis Schoology Terhadap Disposisi Matematis Siswa. Issues in Mathematics Education (IMED), 5(1), 47–55.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i4.15289

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika