Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Konteks Budaya Lokal dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Armiadi, Mukhtar, & Tanjung, S. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Budaya pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal TIK dalam Pendidikan, 6(1), 91–102. https://doi.org/10.24114/jtikp.v6 i1.16946
Astuti, A., & Leonard. (2012). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 2(2), 102–110. https://doi.org/10.1016/0749- 6036(91)90087-8
Ferdianto, F., & Setiyani. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 37–47. https://doi.org/10.33603/jnpm.v 2i1.781
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. Dept. of Physics Indiana University. https://web.physics.indiana.edu/ sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Hasibuan, S. A., & Hasibuan, S. S. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Matematika Berbasis Budaya Mandailing dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 141–152.
https://ejournal.stkipbbm.ac.id/i ndex.php/mtk/article/view/513
Hidayat, D. W., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa SMP Kelas
VIII. Jurnal Analisa, 7(2), 207– 215. https://doi.org/10.31000/prima.v
i1.2082
Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 7(1), 9.
https://doi.org/10.12928/admath edu.v7i1.7397
Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.
Maryati, M., & Suparman, S. (2018). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, "Integrasi Budaya, Psikologi Dan Teknologi Dalam Membangun Pendidikan Karakter Melalui Matematika Dan Pembelajarannya, 4(1),
–387.
National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standars for School Matematics. NCTM.
Nelawati, Meriyati, Putra, R. W. Y., & Simatupang, A. T. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Bercirikan Etnomatematika Suku Komering Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 407–414.
Nugraha, G. N. S., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berorientasi Kearifan Lokal Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 1
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, (2006).
Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran Pendidikan Matematika di Era Globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534–541.
http://eproceedings.umpwr.ac.id/ index.php/sendika/article/view/8 01
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.
https://doi.org/10.24256/jpmipa. v1i2.88
Ramellan, P., Musdi, E., & Armiati. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1),
–82.
Sina, I., Farlina, E., Sukandar, S., &
Kariadinata, R. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika
Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 57.
https://doi.org/10.24014/sjme.v5 i1.5081
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suradi, R. R., Asmar, A., & Yerizon. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis SMP Kelas VII. Media Pendidikan Matematika, 9(1), 11.
https://doi.org/10.33394/mpm.v 9i1.3541
Wicaksono, S. (2016). The Development of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash 8 in Accounting Course. Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 122–
https://doi.org/10.26675/jabe.v1i 1.6734
DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i4.15578
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika