Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Konteks Budaya Lokal dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Oktaviani Puspita Wardani, Heni Pujiastuti, Ihsanudin Ihsanudin

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang kurang mendukung kemampuan komunikasi matematis siswa dan kurang menanamkan unsur budaya lokal. Hal ini menyebabkan kemampuan komunikasi matematis siswa rendah dan kurang mengenal budaya setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif dengan konteks budaya lokal dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Metode yang digunakan yaitu pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini yaitu 24 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cikande dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan soal pretest dan posttest dengan indikator kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif dengan konteks budaya lokal. Adapun peningkatan yang dialami siswa berada pada kriteria sedang dengan perolehan N-Gain score sebesar 0,59. Tafsiran efektivitas yang didapatkan yaitu cukup efektif dengan persentase 58,67%. Sehingga media pembelajaran interaktif dengan konteks budaya lokal efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armiadi, Mukhtar, & Tanjung, S. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Budaya pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal TIK dalam Pendidikan, 6(1), 91–102. https://doi.org/10.24114/jtikp.v6 i1.16946

Astuti, A., & Leonard. (2012). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 2(2), 102–110. https://doi.org/10.1016/0749- 6036(91)90087-8

Ferdianto, F., & Setiyani. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 37–47. https://doi.org/10.33603/jnpm.v 2i1.781

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. Dept. of Physics Indiana University. https://web.physics.indiana.edu/ sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf

Hasibuan, S. A., & Hasibuan, S. S. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Matematika Berbasis Budaya Mandailing dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 141–152.

https://ejournal.stkipbbm.ac.id/i ndex.php/mtk/article/view/513

Hidayat, D. W., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa SMP Kelas

VIII. Jurnal Analisa, 7(2), 207– 215. https://doi.org/10.31000/prima.v

i1.2082

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 7(1), 9.

https://doi.org/10.12928/admath edu.v7i1.7397

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.

Maryati, M., & Suparman, S. (2018). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, "Integrasi Budaya, Psikologi Dan Teknologi Dalam Membangun Pendidikan Karakter Melalui Matematika Dan Pembelajarannya, 4(1),

–387.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standars for School Matematics. NCTM.

Nelawati, Meriyati, Putra, R. W. Y., & Simatupang, A. T. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Bercirikan Etnomatematika Suku Komering Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 407–414.

Nugraha, G. N. S., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berorientasi Kearifan Lokal Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 1

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, (2006).

Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran Pendidikan Matematika di Era Globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534–541.

http://eproceedings.umpwr.ac.id/ index.php/sendika/article/view/8 01

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.

https://doi.org/10.24256/jpmipa. v1i2.88

Ramellan, P., Musdi, E., & Armiati. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1),

–82.

Sina, I., Farlina, E., Sukandar, S., &

Kariadinata, R. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika

Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 57.

https://doi.org/10.24014/sjme.v5 i1.5081

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suradi, R. R., Asmar, A., & Yerizon. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis SMP Kelas VII. Media Pendidikan Matematika, 9(1), 11.

https://doi.org/10.33394/mpm.v 9i1.3541

Wicaksono, S. (2016). The Development of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash 8 in Accounting Course. Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 122–

https://doi.org/10.26675/jabe.v1i 1.6734




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i4.15578

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika