PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME HIMPUNAN DUNGEON PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 CITEUREUP MENGGUNAKAN GENIALLY

Nabil Makarim

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berbasis game. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, and disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas VII SMP Negeri 1 Citeureup. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dihasilkan suatu produk media pembelajaran matematika berbasis game dengan nama Himpunan Dungeon. Hasil respon siswa terhadap produk game Himpunan Dungeon adalah 68,57% atau 24 orang siswa merespon produk dengan baik dan 31,43% atau 11 orang siswa merespon produk dengan sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, produk game Himpunan Dungeon sudah mendapatkan respon yang baik dari siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aini, F. N. (2018). Pengaruh game based learning terhadap minat dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3).

Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49-56.

Junaedi, Y., Maryam, S., & Anwar, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34-40.

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development. Repository.Lppm.Unila.Ac.Id, 10.

Pradja, B. P., Baist, A., & Pamungkas, A.

S. (2021). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATEMATIKA TERINTEGRASI QR CODE SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI MAHASISWA CALON GURU.

Riduwan. (2009). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S. & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i2.15579

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika