Pengembangan Bahan Ajar E-Learning Berbasis Cognitive Load Theory

Bella Haryati, Yuyu Yuhana, Yani Setiani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar e-learning yang berupa e-modul berbasis cognitive load theory (CLT) yang memenuhi kriteria valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D, dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi dan lembar angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian akan dianalisis dengan menggunakan skala likert. Pada tahap implementasi dilakukan uji coba produk skala kecil dna uji coba skala besar. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa (1) berdasarkan uji validitas yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, bahan ajar e-modul berbasis cognitive load theory dinyatakan valid dengan persentase sebesar 76% dan 64%. (2) Berdasarkan hasil uji coba skala kecil diperoleh persentase sebesar 90,74% dan hasil uji coba skala besar diperoleh persentase sebesar 86,07%, yang berarti e-modul yang dikembangkan sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar e-learning yang berupa e-modul berbasis cognitive load theory (CLT) dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afidah, V. N. (2015). Prinsip- Prinsip Teori Beban Kognitif Dalam Merancang Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 1(1), 72–79. https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.195

Agustian, N. O., Asrizal, & Kamus, Z. (2013). Pembuatan Bahan Ajar Fisika Berbasis Web Pada Konsep Termodinamika Untuk Pembelajaran Menurut standar Proses Siswa Kelas XI SMA. Pillar Of Physics Education, 2, 9–16.

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Astriana, M., Murdani, E., & Mariyam. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Operasi Bilangan Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2(1), 117–121.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Satu Nusa.

Devita, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN di Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 4(1), 191–195.

Edginton, A., & Holbrook, J. (2010). A Blended Learning Approach to Teaching Basic Pharmacokinetics and The Significance of Face-to-Face Interaction. American Journal of Pharmaceutical Education, 74(5), 1–11. https://doi.org/10.5688/aj740588

Frensista, D., Trapsilasiwi, D., & L, N. D. S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi RotatingTrio Exchange untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Segitiga dan Segiempat di SMP Negeri 1 Ajung Semester Genap Tahun Ajaran 2012/20. Pancaran, 3(2), 43–52.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setya.

Ibrahim. (2008). Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika, 90–100.

Junaedi, Y., & Wahyudin, W. (2020, May). Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach. In 4th Asian Education Symposium (AES 2019) (pp. 196-202). Atlantis Press.

Junaedi, Y., Maryam, S., & Anwar, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34-40.

Mayer, R. E., & Moreno, R. (2010). Technique That Reduce Extraneous Cognitive Load and Manage Intrinsic Cognitive Load during Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Sari, A. K., Ertikanto, C., & Suana, W. (2015). Pengembangan LKS Memanfaatkan Laboratorium Virtual pada Materi Optik Fisis dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(2), 1–12.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.

Sweller, J. (2010). Cognitive Load Theory: Recent Theoritical Advences. Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i3.19986

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika