Pengaruh Project-Based Learning Di Kelas VII SMP Pada Materi Penyajian Data dengan Proyek Buket Makanan

Nissa Nivia, Syamsuri Syamsuri

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari project-based learning terhadap capaian belajar matematika peserta didik kelas VII  SMP pada materi penyajian data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuantitatif yang digunakan adalah Post-test Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas dengan masing-masing peserta didik sebanyak 30 orang di SMPN 3 Kota Cilegon. Instrumen yang digunakan merupakan instrumen tes yakni post-test. Hasil post-test selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Uji statistik yang digunakan yakni wilcoxon rank sum test. Hasil yang diperoleh yakni rata-rata capaian belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata capaian belajar kelas kontrol. Kemudian uji statistik wilcoxon rank sum test menunjukkan bahwa kedua sampel memiliki capaian belajar yang berbeda. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh   positif dari project-based learning terhadap capaian belajar matematika peserta didik kelas VII  SMP pada materi penyajian data.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Peluang Tren Bisnis Jualan Buket Bunga, Usaha Masa Kini. (2022, Juni 13). Retrieved Oktober 18, 2022, from Desty Blog: https://desty.page/blog/peluang-bisnis-jualan-buket-bunga

Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa SMP Kelas VII Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM), 10(2), 25-30.

Anjarwati, S., Pujiastuti, H., & Ihsanudin. (2022). Pengembangan Pocket Book Digital Berbasis Project-Based Learning Menggunakan GeoGebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 111-118.

Arti Kata Buket di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (n.d.). Retrieved Oktober 18, 2022, from KBBI Lektur: https://kbbi.lektur.id/buket

As'ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Buku Siswa Matematika Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Fathurohman, I., Setiani, Y., & Fakhrudin. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tingkat Tinggi Berdasarkan Teori Polya. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 152-159.

Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Matematika. Transformasi :Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 179-188.

Fleming, D. S. (2000). A Teacher's Guide to Project-Based Learning. Washington, D.C.: AEL, Inc., Charleston, WV.

Hamalik, O. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hekmah, N. (2022). Implementasi Alat Peraga IPA "Roket Air" Berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan Mamanfaatkan Barang Bekas Pada Materi Tekanan Hidrostatis Siswa SMP. EduCurio Jurnal, 1(1), 131-138.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita, 3(1), 27-38.

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PjBL). Jurnal Mimbar Ilmu, 25(1), 1-10.

Kusmaryono, I., & Ulia, N. (2020). Interaksi gaya mengajar dan konten matematika sebagai faktor penentu kecemasan matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 143-154.

Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis Kesulitan dalam Materi Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Statistis. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, 6(2), 41-54.

Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(1), 87-97.

Mawarini, D., Cahyadi, F., & Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bagun Ruang Kubus & Balok Kelas V SD N 2 Pilang Kabupaten Blora. Wawasan Pendidikan, 2(2), 459-468.

Nurlan, F. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Parepare: CV.Pilar Nusantara.

Nuryadi, & Rahmawati, P. (2018). Persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 53-62.

Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 106-110.

Sadiyyah, I., & Samsudin, A. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Materi Perubahan Energi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 2(1), 42-52.

Sari, N. K., & Hasibuan, N. H. (2019). Pengaruh Kedisiplinan, Rasa Percaya Diri, dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 49-59.

Sastrika, I. A., Sadia, I. W., & Muderawan, I. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3(2).

Surya, A., Relmasia, & Hardini. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41-45.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i3.20375

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika