Pengaruh Project-Based Learning Di Kelas VII SMP Pada Materi Penyajian Data dengan Proyek Buket Makanan
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Peluang Tren Bisnis Jualan Buket Bunga, Usaha Masa Kini. (2022, Juni 13). Retrieved Oktober 18, 2022, from Desty Blog: https://desty.page/blog/peluang-bisnis-jualan-buket-bunga
Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa SMP Kelas VII Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM), 10(2), 25-30.
Anjarwati, S., Pujiastuti, H., & Ihsanudin. (2022). Pengembangan Pocket Book Digital Berbasis Project-Based Learning Menggunakan GeoGebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 111-118.
Arti Kata Buket di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (n.d.). Retrieved Oktober 18, 2022, from KBBI Lektur: https://kbbi.lektur.id/buket
As'ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Buku Siswa Matematika Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Fathurohman, I., Setiani, Y., & Fakhrudin. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tingkat Tinggi Berdasarkan Teori Polya. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 152-159.
Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Matematika. Transformasi :Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 179-188.
Fleming, D. S. (2000). A Teacher's Guide to Project-Based Learning. Washington, D.C.: AEL, Inc., Charleston, WV.
Hamalik, O. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hekmah, N. (2022). Implementasi Alat Peraga IPA "Roket Air" Berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan Mamanfaatkan Barang Bekas Pada Materi Tekanan Hidrostatis Siswa SMP. EduCurio Jurnal, 1(1), 131-138.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita, 3(1), 27-38.
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PjBL). Jurnal Mimbar Ilmu, 25(1), 1-10.
Kusmaryono, I., & Ulia, N. (2020). Interaksi gaya mengajar dan konten matematika sebagai faktor penentu kecemasan matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 143-154.
Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis Kesulitan dalam Materi Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Statistis. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, 6(2), 41-54.
Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(1), 87-97.
Mawarini, D., Cahyadi, F., & Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bagun Ruang Kubus & Balok Kelas V SD N 2 Pilang Kabupaten Blora. Wawasan Pendidikan, 2(2), 459-468.
Nurlan, F. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Parepare: CV.Pilar Nusantara.
Nuryadi, & Rahmawati, P. (2018). Persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 53-62.
Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 106-110.
Sadiyyah, I., & Samsudin, A. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Materi Perubahan Energi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 2(1), 42-52.
Sari, N. K., & Hasibuan, N. H. (2019). Pengaruh Kedisiplinan, Rasa Percaya Diri, dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 49-59.
Sastrika, I. A., Sadia, I. W., & Muderawan, I. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3(2).
Surya, A., Relmasia, & Hardini. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41-45.
DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i3.20375
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika