PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN PSYCHOLOGICAL TOOLS TERHADAP COGNITIVE LOAD MATEMATIS SISWA

Silvia Dian Nabela, Aan Hendrayana, Yuyu Yuhana

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi untuk lebih memperhatikan beban kognitif yang ada pada siswa guna mewujudkan pembelajaran yang baik dengan penyajian materi yang dapat mencapai beban kognitif intrinsik, mampu menurunkan beban kognitif ekstrinsik, dan meningkatkan beban kognitif konstruktif yang telah ditentukan. Pembelajaran menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) menggunakan psychological tools diyakini dapat meningkatkan beban kognitif matematis siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 32 Kota Tangerang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah beban kognitif matematis siswa dan peningkatan beban kognitif matematis siswa dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) menggunakan psychological tools lebih baik daripada siswa dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) baik dilihat dari KAM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi dengan desain sekuensial eksplanatori di mana data kuantitatif akan diolah terlebih dahulu kemudian data kualitatif. Instrumen penelitian berupa instrumen tes KAM, beban kognitif matematis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kognitif matematis dan peningkatan beban kognitif matematis siswa dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) menggunakan psychological tools lebih baik daripada siswa dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Iskandar, Nehru, & Cicyn Riantoni. (2021). Metode Penelitian Campuran. Penerbit NEM.

Kozulin, A. (1998). Psychological Tools. In A Sociocultural Approach to Education. Harvard University Press Cambridge.

Qad, I. K., Asyari, S., Ismiyati, N., & Patimbangi, A. (2021). Karakteristik Kultural dan Filosofi Matematika. 2(1), 62–71.

Sahar, A. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Cognitive Load Matematis Siswa SMP. 1–23.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Penerbit Alfabeta.

Zulfi, N. (2018). Profil Penyebab Beban Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. UIN Sunan Ampel Surabaya, 1–132. http://digilib.uinsby.ac.id/28698/




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i4.22801

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika