Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika
Sari
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika. Pada umumnya kemampuan pemahaman siswa berbeda-beda, hal ini dikaitkan dengan kemampuan awal yang dimiliki setiap siswa. Perbedaan kemampuan ini dapat dilihat dari respon siswa dalam menyelesaikan berbagai masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan awal matematika setiap siswa dalam memahami konsep bangun ruang sisi datar berdasarkan teori APOS (Action, Process, Object Scheme). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 1 Ciruas sebanyak 6 orang. Teknik analisis data penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa berbeda-beda untuk setiap kemampuannya. Siswa yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi mencapai seluruh tahapan teori APOS mulai dari aksi, proses, objek dan skema. Sementara itu, siswa yang memiliki kemampuan awal matematika sedang dapat mencapai tahap aksi dan proses, tetapi belum mencapai indikator tahap objek dan skema. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan awal matematikanya rendah baru bisa mencapai tahap aksi dan belum mencapai indikator tahap proses, objek, dan skema.
Kata kunci: pemahaman konsep, bangun ruang sisi datar, teori APOS
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arnon, I., Cottrill, J., Dubinsky, E., Oktac, A., Fuentes, S. R., Trigueros, M., & Weller, K. (2014). APOS Theory: A framework for research and curriculum development in mathematics education. New York: Springer. https://doi.org/10.1007/9781461479666
Dubinsky, E. (2001). Using a Theory of Learning in College Mathematics Courses. MSOR Connections, 1(2), 10–15. https://doi.org/10.11120/msor.2001.01020010
Fatimah, A., & Purwasih, R. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Di Islamic Boarding School Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 625–632. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.625-632
Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(01), 121–129.
Hudojo, H. (1993). Mengajar Belajar Matematika. Surabaya: Usaha Nasional.
Ida, S., & Yuniar, I. P. P. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Pada Materi Sistem Sersamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Teori APOS. SIGMA, 6(2), 141–147.
Khairani, B. P., Maimunah, & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1578–1587.
Maharaj, A. (2013). An APOS analysis of natural science students’ understanding of derivatives. South African Journal of Education, 33(1), 1–19. https://doi.org/10.15700/saje.v33n1a458
Maharani, R. A., Widadah, S., & Sukriyah, D. (2022). PEMAHAMAN KONSEP STATISTIKA SISWA BERDASARKAN TEORI APOS : STUDI KASUS KELAS X MIPA. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 79–85.
Nisa, W. K. (2020). Profil pemahaman konsep materi segiempat menurut APOS ditinjau dari tipe kepribadian. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Rahmawati, H., & Supratman, M. (2021). Analisis Kemampuan Abstraksi Reflektif Siswa dalam Merekonstruksi Konsep Limit Fungsi ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Empiricism Journal, 3(1), 32–41. https://doi.org/10.36312/ej.v3i1.768
Sanjaya, W. (2014). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group.
Sholihah, A. (2020). Analisis Pemahaman Relasional Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Windasari, I. Y., Prasetyowati, D., & Shodiqin, A. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Teori Apos pada Materi Barisan Geometri di Kelas XI SMA Negeri 1 Godong. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 417–427. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6664
DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i1.22951
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika