PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS KOOPERATIF LEARNING UNTUK SISWA SMP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Silvi Silvi, Maman Fathurrohman

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang disebabkan karena bahan ajar guru kurang membantu dalam pengembangan kemampuan komunikasi matematis siswa dan tampilan pada bahan ajar yang digunakan kurang menarik mengakibatkan siswa menjadi jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan E-LKPD berbasis kooperatif learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pabuaran dengan subjek penelitian kelas VIII berjumlah 30 siswa. Hasil uji kelayakan ahli materi diperoleh nilai 75% dan hasil ahli media diperoleh nilai 82%, sehingga didapat kriteria sangat layak. Hasil uji kepraktisan dari respon guru diperoleh nilai 88,67% dan hasil dari respon siswa diperoleh nilai 81%, sehingga didapat kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektivan dengan menggunakan N-Gain untuk mengukur peningkatan siswa setelah menggunakan produk yang dikembangkan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh sebesar 67% dengan kriteria cukup efektif. Berdasarkan hal tersebut, produk yang dikembangkan memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i1.23373

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika