ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI HIMPUNAN BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO
Sari
Kemampuan pemahaman matematis siswa dan yang menyebabkan materi himpunan tergolong sulit. Dalam menyelesaikan masalah matematika diperlukan pemahaman sebagai salah satu alat yang digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika dengan menerapkan taksonomi SOLO. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menguraikan karakteristik kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi trigonometri berdasarkan taksonomi SOLO. Subjek penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tangerang Selatan yang telah mendapatkan materi himpunan. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes tertulis berbentuk uraian dan wawancara semi terstruktur dengan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan, siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis kategori rendah mengalami tahapan prastrukural, kategori sedang pada tahapan prastruktural dan unistruktural lengkap serta tidak lengkap pada multistruktural dan relasional tanpa memiliki extended abstrak serta siswa dengan kemampuan pemahaman matematika kategori tinggi mengalami tahapan prastruktural, unistruktural, multistruktural dan relasional secara lengkap dengan extended abstrak secara tidak lengkap. Secara keseluruhan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa merupakan hal penting dalam menyelesaikan matematika pada materi himpunan berdasarkan taksonomi SOLO.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ardila, A., Marzal, J., & Siburian, J. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Memahami Materi Trigonometri Kelas X IPS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 423–444. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1064
Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Maju, 8(2), 9–16.
Fatimah, Siti. 2019. Analisis Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan
Taksonomi SOLO (Strukture Of The Observed Learning Outcome) Pada
Materi Aljabar Kelas VII Di Mts N 2 Tulungagung (Skripsi).
Tulungagung:Institut Agama Islam Negeri Tulungagung
Hidayat, D. W., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4120
Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549
Putra, R. Y. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Materi Himpunan Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Kelas Vii Smp Negeri 4 Padang. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 10(1), 103–107.
Widyawati, A., Septi, D., Afifah, N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Lingkaran Berdasarkan Taksonomi Solo Pada Kelas Viii. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 1–9.
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272
DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i1.23528
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika