Faktor Penghambat Pembelajaran Daring Dalam Pelajaran Matematika

Kencta Corniolla, Novaliyosi Novaliyosi, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hambatan pelaksanaan pembelajaran dari bagi guru, peserta didik  dan orang tua pada masa pandemi Covid-19. Pembelajaran daring adalah hal yang baru bagi para pendidik untuk melaksanakan proses pembelajaran dalam masa pandemi Covid-19. Dalam pembelajaran daring guru hanya bisa menggunakan metode konvensional dikarenakan kurangya pelatihan. Sehingga peserta didik sulit untuk mempelajari matematika diman kita harus berpikir kritis, logis dan sistematis.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru matematika pada kelas VII SMP Negeri 19 Kota Tangerang. Instruemn yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dan media pembelajaran belum semua dapat menggunakannya, dikarenakan tidak ada pelatihan atau belun terbiasa dalam menggunakan perangkat dan media tersebut.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Susanto, H.P.(2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Beta, 9 (2), 134 – 137.

Aminah, S.(2021) Sinergitas Guru dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1),

Amran, A., Suhendra, S., Wulandari, R., & Farrahatni, F.(2021). Haambatan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika pada Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). 5179-5187.

Ani, R. A (2020). Evaluasi Pembelajaran Online Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri 5 Metro Pusat (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Dewi, T.A.P., & Sadjiarto,A. (2021). Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal basicedu, 5(4). 1909-1917.

Diasti, K. (2021). Fakror-Faktor Pendukung dan Penghambat Belajar Dalam Jaringan (DARING). Jurnal Pendidikan Islam AL-Affan. 1(2), 151-162.

Junaedi, Y. (2023, January). Level Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Pembelajaran Hybrid. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 2, No. 1, pp. 1-11).

Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49-56.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, May). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.

Nurfallah, M., & Pradipta, T. R. (2021). Motivasi Belajar Matematika siswa sekolah menengah selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.

Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2425-2437.

Utami, Y.P., & Cahyono, D.A.D.(2020). Study at home: analisis kesluitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnl Ilmiah Matematika Realistik. I(1), 20-26.

Strauss, A., Corbin. J. (2023). Penelitian Kualitatif Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lexy J, Moleong, Metodologi Penelitan Kualitatif ed. Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i1.23822

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika