PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN INTEGRASI TEKNOLOGI SAMR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Shafira Yaumil Alin, Isna Rafianti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan integrasi teknologi SAMR lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tanpa integrasi teknologi SAMR. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu Sekolah Menengah Pertama yang ada di daerah Kota Serang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Problem Based Learning (PBL) dengan integrasi teknologi SAMR berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariandi, Y. (2016). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN PBL. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 579–586.

Effendi, L. A. (2012). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS INDONESIA (TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562–170.

Junaedi, Y., Maryam, S., & Anwar, S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP pada Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34-40.

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2023, December). Profil Kemampuan Awal Literasi Matematis melalui Pretest Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Program Kampus Mengajar Angkatan 5. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 3, pp. 369-374).

Kahfi, A. (2020). TANTANGAN DAN HARAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID 19. Dirasah, 3(2), 137–155.

Kurniawan, R. I., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DARING. WILANGAN, 1(2), 150–161.

Meilasari, S., Damris, & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Suprayekti. (2011). INTEGRASI TEKNOLOGI KE DALAM KURIKULUM. Perspektif Ilmu Pendidikan, 24, 204–211.

Tohir, M. (2019, December 3). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Https://Matematohir.Wordpress.Com/. https://matematohir.wordpress.com

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i1.23891

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika