ANALISIS KELAYAKAN PHET SIMULATIONS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI ALJABAR DI SMP KOTA TANGERANG

Fitri Rahmawati, Ihsanudin Ihsanudin, Etika Khaerunnisa

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan simulasi PhET sebagai media pembelajaran pada materi aljabar berdasarkan aspek-aspek kelayakan media pembelajaran menurut Thorn. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif,  dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari kelima aspek yang diteliti, diperoleh hasil untuk aspek artistik dan estetika sebesar 93%; desain interface sebesar 86%; kemudahan navigasi sebesar 85%; kandungan kognisi sebesar 87%; dan lingkup pembelajaran sebesar 90%; dengan kelima aspek berada pada kategori sangat layakni yakni lebih dari 81%, dengan rata-rata sebesar 88%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa simulasi PhET sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi aljabar.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i1.24016

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika