METACOGNITIVE GUIDANCE: DAMPAK TERHADAP PENALARAN PROPORSIONAL DAN LITERASI MATEMATIS

Siska Andriani, Bambang Sri Anggoro, Izni Marwa Hanifah, Novian Riskiana Dewi, Abi Fadila

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak dari diterapkannya pendekatan Metacognitive Guidance (MG) terhadap kemampuan penalaran proporsional dan literasi matematis siswa. Kemampuan penalaran proporsional dan kemampuan literasi matematis siswa sangat penting. Kemampuan penalaran proporsional merupakan kemampuan untuk mulai memahami hubungan perkalian dimana sebagian besar konsep aritmatika biasanya berdasarkan penjumlahan atau bisa dilihat dari bagaimana para siswa menyelesaikan dan mengatur strategi. Kemampuan literasi matematis adalah kemampuan seseorang untuk merumuskan, menafsiran, dan menginterpretasi matematika dalam berbagai konteks. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperiment Design. Adapun populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 36 Bandar Lampung. Cluster Random Sampling digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Metacognitive Guidance (MG) berdampak terhadap kemampuan proporsional dan literasi matematis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agusmanto, Pendekatan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika”, Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2016.

Bambang Sri Anggoro, “Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving Untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa,” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 2 (2015): 122–29.

Bambang Sri Anggoro, Sri Purwanti Nasution, Rahmat Diyanto Fitri Dwi Kusuma. “Multimedia Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Komputer” Desimal Jurnal Matematika, 1(2), 2018 : 192.

Jacob C, Konstruktivisme & Metakognitif (Bandung: universitas pendidikan indonesia, 2003).

Khotimah, “Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Dengan Pendekatan Metacognitive Guidance Berbantuan GEOGEBRA.”

Kramarski B., & Mizrachi, N. “Enhancing Mathematical Literacy with the Use of Metacognitive Guidance in Forum Discussion,” International Group for the Psychology of Mathematics Education, 2004.

Kramarski B., & Mevarech, Z. R. “Enhancing Mathematical Reasoning in the Classroom: The Effects of Cooperative Learning and Metacognitive Training,” American Educational Research Journal 40(1) (2003): 281–310.

Novia Dwi Rahmawati Mardiyana, “Yang Berkaitan Dengan Literasi Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient (Aq).”

Netriwati, “Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Menurut Teori Polya,” Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematikaabar 7.2 (2016): 184.

Setiawan, “Soal Matematika Dalam PISA Kaitannya Dengan Literasi Matematika Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi,” Jurnal Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Jember, 2014, 247.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i2.25745

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika