PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI MATEMATIS DENGAN KONTEKS MASJID KASUNYATAN BANTEN UNTUK SISWA SMP

Alya Nursalma, Syamsuri Syamsuri

Sari


Literasi matematis memiliki peran penting dalam menyelesaikan permasalahan siswa di kehidupan nyata. Dalam menunjang keterampilan literasi, guru dapat menggunakan konteks nyata yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Konteks Masjid Kasunyatan Banten dapat digunakan sebagai konteks karena berkaitan erat dengan lingkungan dan kehidupan siswa sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen literasi matematis dengan konteks Masjid Kasunyatan Banten yang valid, reliabel dan memiliki dampak potensial terhadap literasi siswa. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan dengan model Plomp dengan tahapan self-evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Subyek penelitiannya adalah siswa di SMPN 1 Kota Serang. Penelitian ini menghasilkan 8 soal instrumen literasi matematis dengan konteks Masjid Kasunyatan Banten yang memenuhi kriteria valid serta reliabel, dan memiliki dampak potensial. Instrumen yang dirancang dengan konteks dapat meningkatkan aktivitas literasi matematis siswa. Penggunaan instrumen yang sesuai konteks dapat menjadi sumber belajar yang memperkuat pengenalan budaya lokal siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 608–617.

Fendiyanto, P., Muhtadin, A., & Rizki, N. A. (2021). Modul Soal Literasi Matematika Model Pisa Dengan Pendekatan Etnomatematika (Konteks Sosial Budaya Masyarakat Kutai). April. https://doi.org/10.15575/jak.v6i1.17697

Kadir, & Masi, L. (2013). Penggunaan Konteks Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Proceeding KNPM V Malang, 786–796.

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 140–144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19574

Monica, S. S., Pamugkas, A. S., & Jaenudin, J. (2022). Instrumen Literasi Matematika Model PISA dengan Konteks Budaya Baduy pada Tingkat SMP. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1459–1470. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3839

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–520. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n3_13

Putra, Y. Y., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konten Bilangan untuk Mengetahui Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Elemen, 2(1), 14. https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.175

Rauf, A., Fitriasari, P., & Mulbasari, A. S. (2022). Pengembangan Soal Matematika Model PISA dengan Menggunakan Konteks Budaya Palembang. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(2), 265–276. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.11761

Saefullah, A. (2018). Masjid Kasunyatan Banten: Tinjauan Sejarah dan Arsitektur. Jurnal Lektur Keagamaan. https://jlka.kemenag.go.id/index.php/lektur/article/view/486

Susanta, A., Sumardi, H., Susanto, E., & Retnawati, H. (2023). Mathematics literacy task on number pattern using Bengkulu context for junior high school students. Journal on Mathematics Education, 14(1), 85–102. https://doi.org/10.22342/JME.V14I1.PP85-102

Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut Pisa 2018: Pengembangan Literasi Matematika Untuk Mendukung Kecakapan Abad 21. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i1.14




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i3.25939

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika