PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN MODEL SCAFFOLDING KELAS VII MTS NURUL ISLAM

Tania Paramita, Muhammad Fajar Adznin Syawaludin, Dwinanda Aulia Setyo Ningrum, Qisty Aulia Nisa, Wulan Fitri Ramadan, Yuli Yanti, Widiya Nur Tasyah, Dinar Nirmalasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat melalui penerapan model pembelajaran scaffolding di kelas VII MTs Nurul Islam. Model scaffolding memungkinkan siswa untuk berpikir kritis dan mandiri dengan bimbingan guru, sehingga tujuan pembelajaran lebih mudah tercapai. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 12 siswa kelas VII. Data diperoleh melalui tes pretest dan posttest berupa soal esai. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada rata-rata nilai siswa, yaitu dari nilai 30 pada pretest menjadi 70 pada posttest. Uji-t menunjukkan 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, sehingga dapat disimpulkan bahwa model scaffolding efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat.



Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amini, M., Mayangsari, M. D., & Zwagery, R. V. (2019). Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Komitmen Tugas Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi. Jurnal Kognisia, 2(2), 149–152.

Arlen Parulian, R., & Singaperbangsa Karawang, U. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika.

Dwi Noviyanti, E., Purnomo, D., Kusumaningsih, W., & Matematika Universitas PGRI Semarang, P. (2021). Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. 3(1), 57–68.

Fadhilah Amir FTIK, N., & Manado, I. (2021). Scaffolding Pada Proses Pemecahan Masalah Matematika Materi Bilangan Bulat (Scaffolding of the Process of Mathematics Problem Solving in Integers). In Uniqbu Journal of Exact Sciences (UJES (Vol. 2, Issue 1).

Junaedi, Y., & Wahyudin, W. (2020, May). Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach. In 4th Asian Education Symposium (AES 2019) (pp. 196-202). Atlantis Press.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2024, April). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Program Kampus Mengajar Angkatan 6. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung (pp. 602-610).

Kusmaryono, I. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung 2 (Sendiksa 2). In FKIP Universitas Islam Sultan Agung. Semarang (Vol. 12).

Maha Dewi, A., Azzahra, A., Insania Kamila, A., Ulya, N., Kurnia Sari, L., & Abdurrahman Wahid Pekalongan, U. K. (n.d.). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia.

Mukti, I. P., Rahaju, E. B., & Rahadjeng, B. (2024). Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Konten Geometri dan Pengukuran Ditinjau Dari Adversity Quotient. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5, 2411–2422.

Mustofa, H., Jazeri, M., Mu’awanah, E., Setyowati, E., & Wijayanto, A. (2023). Stratergi Pembelajaran Scaffolding dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa. Al Fatih, 1(1), 42–52.

Mustofa, R. F. (2020). The effect of problem-based learning on lateral thinking skills. International Journal of Instruction, 13(1), 463–474. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13130a

Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288.

Ummah, M. S. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Yusra, R., Ishaq, G. M., Septiva3, S. D., & Gusmaneli, G. (2023). Strategi Pembelajaran Scaffolding Dalam Membentuk Kemandirian Mahasiswa. Khazanah Pendidikan, 17(2), 28. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17874




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i1.31360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika