Penerapan Learning Trajectory Open-Ended untuk Meningkatkan Representasi dan pemecahan masalah matematis siswa

Anisa Rima Mawaddah, Bambang Sri Anggoro, Rizki Wahyu Yunian Putra

Abstract


Kemampuan representasi matematis dan pemecahan masalah matematis memiliki hubungan yang kuat.Pemecahan masalah mempunyai dua langkah, yaitu represetasi masalah dan menyelesaikan masalah.Pemecahan masalah yang sukses tidak mungkin tanpa representasi masalah yang sesuai. Representasimasalah yang sesuai adalah dasar untuk memahami masalah dan membuat suatu rencana untuk memecahkanmasalah. Siswa yang mempunyai kesulitan dalam merepresentasikan masalah matematika akan memilikikesulitan dalam melakukan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhLearning Trajectory dengan pendekatan Open Ended terhadap kemampuan representasi matematis, pengaruhLearning Trajectory dengan pendekatan Open Ended terhadap pemecahan masalah matematis, dan pengaruhLearning Trajectory dengan pendekatan Open Ended terhadap kemampuan representasi matematis danpemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design.Sampel dalam penelitian ini adalah sswa kelas VIII.8 dan VIII.6 SMP Negeri 1 Kalianda,Lampung selatan.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan datapenelitian ini berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan ujihomogenitas. Pengujian hipotesis dalan penelitian ini menggunakan Multivariate Analysis Of Varians(Manova). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh Learning Trajectory dengan pendekatan OpenEnded terhadap kemampuan representasi matematis, terdapat pengaruh Learning Trajectory denganpendekatan Open Ended terhadap pemecahan masalah matematis, dan terdapat pengaruh Learning Trajectorydengan pendekatan Open Ended terhadap kemampuan representasi matematis dan pemecahan masalahmatematis.Kata Kunci: kemampuan representasi matematis; Learning Trajectory; pendekatan Open Ended; Pemecahanmasalah matematis

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Syaipul Amri et al., “Mathematical

Problem Solving Capabilities:

Self-Confidence, Self-Efficacy,

Emotional Intelligence, and

Concept Understanding Ability,”

PENDIPA Journal of Science

Education 4, no. 3 (2020): 20–26.

Hamdi Supriadi, “Peranan Pendidikan

Dalam Pengembangan Diri

Terhadap Tantangan Era

Globalisasi,” Jurnal Ilmiah Prodi

Manajemen Universitas

Pamulang 3, no. 2 (2016): 92–

Ulfi Fatimatul Muamanah, “Kemampuan

representasi Matematis Siswa

Dengan Gaya Kognitif Reflektif

Dalam Menyelesaikan Soal

Fungsi Komposisi Dan Invers

Pada Kelas X MIPA 3 SMAN1

Ngunut Tulungagung, “ 2018

Oemar Hamalik, “Perencanaan Pengajaran

Berdasarkan Pendekatan Sistem,”

Nurul Solekah, “Profil Kemampuan

Representasi Matematis Siswa

Kelas XI TSM-2 SMK Ngunut

Pada Materi Program Linear

Tahun Ajaran 2016/22017,

“2017.

Muamanah, “Kemampuan representasi

Matematis Siswa Dengan Gaya

Kognitif Reflektif Dalam

Menyelesaikan Soal Fungsi

Komposisi Dan Invers Pada

Kelas X MIPA 3 SMAN1 Ngunut

Tulungagug. “

Tatag Yuli Eko Siswono, “Model

Pembelajaran Matematika

Berbasis Pengajuan Dan

Pemecahan Masalah Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Kreatif” (Surabaya:

Unesa university press, 2008).

Young dikutip dari dalam buku Wowo and

Sunaryo Kuswana, “Taksonomi

Berfikir” (Bandung: PT. Remaja

Berfikir, 2011).

Muamanah, “Kemampuan representasi

Matematis Siswa Dengan Gaya

Kognitif Reflektif Dalam

Menyelesaikan Soal Fungsi

Komposisi Dan Invers Pada

Kelas X MIPA 3 SMAN1

Ngunut Tulungagung.”

Muhammad Sabirin, “Representasi

Dalam Pembelajaran

Matematika. JPM IAIN

Antasari, 01 (2), 33–44,”

Santy Setiawati and M Coesamin,

“Kemampuan Representasi

Matematis Siswa SMP Kelas

VIII Dalam Menyelesaikan

Masalah Teorema Phytagoras,”

Jurnal Pendidikan Matematika

Universitas Lampung 11, no. 4

(2024): 287–98.

Sabirin, “Representasi Dalam

Pembelajaran Matematika.”

Nicholas A Branca, “Problem Solving as

a Goal, Process, and Basic Skill.

Problem Solving in School

Mathematics,” Reston, VA:

NCTM, 1980.

E T Ruseffendi, “Pengantar Kepada

Membantu Guru

Mengembangkan

Kompetensinya Dalam

Pengajaran Matematika Untuk

Meningkatkan CBSA,”

Bandung: Tarsito, 2006, 336–37.

Leo Adhar Effendi, “Pembelajaran

Matematika Dengan Metode

Penemuan Terbimbing Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Representasi Dan Pemecahan

Masalah Matematis Siswa

SMP,” Jurnal Penelitian

Pendidikan 13, no. 2 (2012): 1–

S F Al Hadad, “Meningkatkan

Kemampuan Representasi

Multipel Matematis Dan SelfEsteem Siswa SMP Melalui

Pembelajaran Dengan

Pendekatan Open Ended,”

Bandung: Disertasi Doktor SPs

UPI: Tidak Diterbitkan, 2010.

Saniyya Dara Farahhadi and Wardono

Wardono, “Representasi

Matematis Dalam Pemecahan

Masalah,” in PRISMA, Prosiding

Seminar Nasional Matematika,

vol. 2, 2019, 606–10




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i1.31794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika