Penerapan Learning Trajectory Open-Ended untuk Meningkatkan Representasi dan pemecahan masalah matematis siswa
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Syaipul Amri et al., “Mathematical
Problem Solving Capabilities:
Self-Confidence, Self-Efficacy,
Emotional Intelligence, and
Concept Understanding Ability,”
PENDIPA Journal of Science
Education 4, no. 3 (2020): 20–26.
Hamdi Supriadi, “Peranan Pendidikan
Dalam Pengembangan Diri
Terhadap Tantangan Era
Globalisasi,” Jurnal Ilmiah Prodi
Manajemen Universitas
Pamulang 3, no. 2 (2016): 92–
Ulfi Fatimatul Muamanah, “Kemampuan
representasi Matematis Siswa
Dengan Gaya Kognitif Reflektif
Dalam Menyelesaikan Soal
Fungsi Komposisi Dan Invers
Pada Kelas X MIPA 3 SMAN1
Ngunut Tulungagung, “ 2018
Oemar Hamalik, “Perencanaan Pengajaran
Berdasarkan Pendekatan Sistem,”
Nurul Solekah, “Profil Kemampuan
Representasi Matematis Siswa
Kelas XI TSM-2 SMK Ngunut
Pada Materi Program Linear
Tahun Ajaran 2016/22017,
“2017.
Muamanah, “Kemampuan representasi
Matematis Siswa Dengan Gaya
Kognitif Reflektif Dalam
Menyelesaikan Soal Fungsi
Komposisi Dan Invers Pada
Kelas X MIPA 3 SMAN1 Ngunut
Tulungagug. “
Tatag Yuli Eko Siswono, “Model
Pembelajaran Matematika
Berbasis Pengajuan Dan
Pemecahan Masalah Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Berpikir Kreatif” (Surabaya:
Unesa university press, 2008).
Young dikutip dari dalam buku Wowo and
Sunaryo Kuswana, “Taksonomi
Berfikir” (Bandung: PT. Remaja
Berfikir, 2011).
Muamanah, “Kemampuan representasi
Matematis Siswa Dengan Gaya
Kognitif Reflektif Dalam
Menyelesaikan Soal Fungsi
Komposisi Dan Invers Pada
Kelas X MIPA 3 SMAN1
Ngunut Tulungagung.”
Muhammad Sabirin, “Representasi
Dalam Pembelajaran
Matematika. JPM IAIN
Antasari, 01 (2), 33–44,”
Santy Setiawati and M Coesamin,
“Kemampuan Representasi
Matematis Siswa SMP Kelas
VIII Dalam Menyelesaikan
Masalah Teorema Phytagoras,”
Jurnal Pendidikan Matematika
Universitas Lampung 11, no. 4
(2024): 287–98.
Sabirin, “Representasi Dalam
Pembelajaran Matematika.”
Nicholas A Branca, “Problem Solving as
a Goal, Process, and Basic Skill.
Problem Solving in School
Mathematics,” Reston, VA:
NCTM, 1980.
E T Ruseffendi, “Pengantar Kepada
Membantu Guru
Mengembangkan
Kompetensinya Dalam
Pengajaran Matematika Untuk
Meningkatkan CBSA,”
Bandung: Tarsito, 2006, 336–37.
Leo Adhar Effendi, “Pembelajaran
Matematika Dengan Metode
Penemuan Terbimbing Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Representasi Dan Pemecahan
Masalah Matematis Siswa
SMP,” Jurnal Penelitian
Pendidikan 13, no. 2 (2012): 1–
S F Al Hadad, “Meningkatkan
Kemampuan Representasi
Multipel Matematis Dan SelfEsteem Siswa SMP Melalui
Pembelajaran Dengan
Pendekatan Open Ended,”
Bandung: Disertasi Doktor SPs
UPI: Tidak Diterbitkan, 2010.
Saniyya Dara Farahhadi and Wardono
Wardono, “Representasi
Matematis Dalam Pemecahan
Masalah,” in PRISMA, Prosiding
Seminar Nasional Matematika,
vol. 2, 2019, 606–10
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i1.31794
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika