EKSPLORASI PENGALAMAN GURU MATEMATIKA DALAM MENGGUNAKAN GURU BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU

Fadhil Zil Ikram, Turmudi Turmudi

Abstract


Penelitian naratif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman guru matematika dalam menggunakan platform Guru Belajar. Responden penelitian ini adalah 7 orang guru matematika yang sering menggunakan Guru Belajar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni hingga Agustus 2023 dengan menggunakan teknik wawancara semi-terstruktur. Teknik analisis data terdiri dari kondensasi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika menganggap Guru Belajar sebagai platform untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pembelajaran. Manfaat menggunakan Guru Belajar menurut para guru matematika adalah fleksibilitas, kualitas pelatihan, dan kredibilitas pelatihan atau materi. Kekurangan Guru Belajar yang disampaikan oleh para guru bervariasi, mulai dari peluang untuk menyontek hingga kurangnya sosialisasi. Saran yang diberikan oleh para guru berkisar dari perlunya tim monitoring dan evaluasi hingga mengoptimalkan fitur-fiturnya. Terkait implementasi hasil pembelajaran guru di Guru Belajar, mereka tidak serta merta menerapkannya di kelas. Mereka menyesuaikannya dengan kebutuhan siswa. Hasil implementasi di kelas menunjukkan banyak perubahan seperti peningkatan motivasi.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A, Y. E., & Sihotang, H. (2021). Penerapan Sistem Prodigy Math Game Sebagai Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3919–3927.

Ambarwati, F. N. (2019). Meningkatkan Pengembangan Diri Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Sebagai Implementasi Teori Dinamis-Progresif di Sekolah Dasar. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 3(2), 91–99.

Andriani, A., Hidayati, A. N., Abdullah, F., Rosmala, D., & Supriyono, Y. (2022). Menulis sebagai Refleksi Pengembangan Diri dan Profesionalisme Guru. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(4), 692–698.

Creswell, J. W. (2019). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (6th ed.). Pearson.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE.

El-ahwal, M. (2020). Effect of Micro-Teaching Method Supported by E-Learning Platforms in Enriching Pre-service Mathematics Teachers’ Teaching Practice s and Improve Self-efficacy. International Journal of Instructional Technology and Educational Studies, 1(3), 28–41.

Fadhliyah, R., Mirizon, S., & Petrus, I. (2020). Professional Development of English Teachers at a State Islamic Senior High School in Palembang. Indonesian Journal of EFL and Linguistics, 5(2), 471-489.

Fatmawati, D. P., & Utama, W. W. I. (2023). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Intervensi PDBK di TK Pertiwi Puro Pakualaman (Pengembangan Diri). Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 62–68.

Hollebrands, K. F., & Lee, H. S. (2020). Effective design of massive open online courses for mathematics teachers to support their professional learning. ZDM, 52(5), 859–875.

Ikram, F. Z., & Rosidah, R. (2023). Kombinasi WhatsApp dan Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Mata Kuliah Aljabar Elementer. Issues in Mathematics Education, 7(1), 60–70.

Jawahir, A., & Yusuf, I. (2021). Guru Belajar dan Berbagi Platform and Users’ Responses in The Context of Teacher Professional Development. SCIENTIA: Social Sciences & Humanities, 1, 423–431.

Junaedi, Y., Umami, M. R., & Anwar, S. (2024). ANALISIS COMPUTATIONAL THINKING SKILLS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 5(4), 306-314.

Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49-56.

Junaedi, Y., Maryam, S., & Anwar, S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP pada Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34-40.

Junaedi, Y. (2023, January). Level Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Pembelajaran Hybrid. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 2, No. 1, pp. 1-11).

Junaedi, Y., Anwar, S., & Hilmi, Y. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Augmented Reality berbasis Ethno–RME Kebudayaan Suku Baduy dalam Optimasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 140-149.

Junaedi, Y., Mukhoyyaroh, Q., & Anwar, S. (2024). OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS ETHNO-RME. Jurnal Abdimas Sang Buana, 5(2), 79-86.

Kartomo, A. I., & Slameto, S. (2016). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 219-229.

König, J., Blömeke, S., Jentsch, A., Schlesinger, L., Née Nehls, C. F., Musekamp, F., & Kaiser, G. (2021). The Links between Pedagogical Competence, Instructional Quality, and Mathematics Achievement in The Lower Secondary Classroom. Educational Studies in Mathematics, 107(1), 189–212.

Lestari, K. P., Hendarman, H., & Hidayat, R. (2022). Peningkatan Produktivitas Kerja Guru Melalui Pengembangan Efikasi Diri dan Kepemimpinan Visioner. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 037–042.

Mamoh, O., & Bete, H. (2019). Pengembangan Diri Guru-Guru Matematika Se-Kabupaten Ttu Melalui Kegiatan Bimtek Penulisan Proposal dan Artikel Ilmiah. Bakti Cendana, 2(2), 49–57.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE.

Nelly, N., Situmorang, R., & Iriani, T. (2022). Pengembangan Media Berbasis Web pada Program E-Mentoring Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Basicedu, 6(6), 10152–10163.

Nuryanti, T., Abdullah, G., & Murniati, N. A. N. (2022). Pengaruh Pengembangan Diri Terhadap Kualitas Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1), 12–21.

Pepin, B., Xu, B., Trouche, L., & Wang, C. (2017). Developing a Deeper Understanding of Mathematics Teaching Expertise: An Examination of Three Chinese Mathematics Teachers’ Resource Systems as Windows Into Their Work and Expertise. Educational Studies in Mathematics, 94(3), 257–274.

Safruddin, S., Suaedi, S., & Ilyas, M. (2020). Pengaruh Sikap Professional dan Persepsi Guru Tentang Kegiatan Pengembangan Diri Terhadap Kinerja Guru Matematika SMA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 37–46.

Sennen, E. (2020). Pengembangan Mutu Diri Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 101–114.

Sheveleva, N., Mahotin, D., Lesin, S., & Curteva, O. (2021). Preparing Teachers for The Use of Digital Technologies in Educational Activities. SHS Web of Conferences, 98, 05016.

Suryadi, A., Putri, M. V., Afrina, A., & Lucky, F. A. (2023). Program Pengembangan E-Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(2), 123–129.

Suryawati, E., Harfal, Z., & Syafrinal, S. (2021). Improving MGMP Teachers’ Self-Efficacy Through Technical Guidance in Learning From Home Program. Journal of Community Service and Empowerment, 2(2), 61–68.

Unayah, U., Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2024). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Resiliensi Matematis dan Gender. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 118-127.

Vikulova, L., Khoutyz, I., Makarova, I., Gerasimova, S., & Borbotko, L. (2020). Information Resources for Foreign Language Teachers’ Self-development: Overview. In Z. Anikina (Ed.), Integrating Engineering Education and Humanities for Global Intercultural Perspectives (Vol. 131, pp. 119–127). Springer International Publishing.

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i1.31862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika