EKSPLORASI PENGALAMAN GURU MATEMATIKA DALAM MENGGUNAKAN GURU BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
A, Y. E., & Sihotang, H. (2021). Penerapan Sistem Prodigy Math Game Sebagai Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3919–3927.
Ambarwati, F. N. (2019). Meningkatkan Pengembangan Diri Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Sebagai Implementasi Teori Dinamis-Progresif di Sekolah Dasar. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 3(2), 91–99.
Andriani, A., Hidayati, A. N., Abdullah, F., Rosmala, D., & Supriyono, Y. (2022). Menulis sebagai Refleksi Pengembangan Diri dan Profesionalisme Guru. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(4), 692–698.
Creswell, J. W. (2019). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (6th ed.). Pearson.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE.
El-ahwal, M. (2020). Effect of Micro-Teaching Method Supported by E-Learning Platforms in Enriching Pre-service Mathematics Teachers’ Teaching Practice s and Improve Self-efficacy. International Journal of Instructional Technology and Educational Studies, 1(3), 28–41.
Fadhliyah, R., Mirizon, S., & Petrus, I. (2020). Professional Development of English Teachers at a State Islamic Senior High School in Palembang. Indonesian Journal of EFL and Linguistics, 5(2), 471-489.
Fatmawati, D. P., & Utama, W. W. I. (2023). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Intervensi PDBK di TK Pertiwi Puro Pakualaman (Pengembangan Diri). Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 62–68.
Hollebrands, K. F., & Lee, H. S. (2020). Effective design of massive open online courses for mathematics teachers to support their professional learning. ZDM, 52(5), 859–875.
Ikram, F. Z., & Rosidah, R. (2023). Kombinasi WhatsApp dan Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Mata Kuliah Aljabar Elementer. Issues in Mathematics Education, 7(1), 60–70.
Jawahir, A., & Yusuf, I. (2021). Guru Belajar dan Berbagi Platform and Users’ Responses in The Context of Teacher Professional Development. SCIENTIA: Social Sciences & Humanities, 1, 423–431.
Junaedi, Y., Umami, M. R., & Anwar, S. (2024). ANALISIS COMPUTATIONAL THINKING SKILLS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 5(4), 306-314.
Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49-56.
Junaedi, Y., Maryam, S., & Anwar, S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP pada Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34-40.
Junaedi, Y. (2023, January). Level Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Pembelajaran Hybrid. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 2, No. 1, pp. 1-11).
Junaedi, Y., Anwar, S., & Hilmi, Y. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Augmented Reality berbasis Ethno–RME Kebudayaan Suku Baduy dalam Optimasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 140-149.
Junaedi, Y., Mukhoyyaroh, Q., & Anwar, S. (2024). OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS ETHNO-RME. Jurnal Abdimas Sang Buana, 5(2), 79-86.
Kartomo, A. I., & Slameto, S. (2016). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 219-229.
König, J., Blömeke, S., Jentsch, A., Schlesinger, L., Née Nehls, C. F., Musekamp, F., & Kaiser, G. (2021). The Links between Pedagogical Competence, Instructional Quality, and Mathematics Achievement in The Lower Secondary Classroom. Educational Studies in Mathematics, 107(1), 189–212.
Lestari, K. P., Hendarman, H., & Hidayat, R. (2022). Peningkatan Produktivitas Kerja Guru Melalui Pengembangan Efikasi Diri dan Kepemimpinan Visioner. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 037–042.
Mamoh, O., & Bete, H. (2019). Pengembangan Diri Guru-Guru Matematika Se-Kabupaten Ttu Melalui Kegiatan Bimtek Penulisan Proposal dan Artikel Ilmiah. Bakti Cendana, 2(2), 49–57.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE.
Nelly, N., Situmorang, R., & Iriani, T. (2022). Pengembangan Media Berbasis Web pada Program E-Mentoring Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Basicedu, 6(6), 10152–10163.
Nuryanti, T., Abdullah, G., & Murniati, N. A. N. (2022). Pengaruh Pengembangan Diri Terhadap Kualitas Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1), 12–21.
Pepin, B., Xu, B., Trouche, L., & Wang, C. (2017). Developing a Deeper Understanding of Mathematics Teaching Expertise: An Examination of Three Chinese Mathematics Teachers’ Resource Systems as Windows Into Their Work and Expertise. Educational Studies in Mathematics, 94(3), 257–274.
Safruddin, S., Suaedi, S., & Ilyas, M. (2020). Pengaruh Sikap Professional dan Persepsi Guru Tentang Kegiatan Pengembangan Diri Terhadap Kinerja Guru Matematika SMA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 37–46.
Sennen, E. (2020). Pengembangan Mutu Diri Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 101–114.
Sheveleva, N., Mahotin, D., Lesin, S., & Curteva, O. (2021). Preparing Teachers for The Use of Digital Technologies in Educational Activities. SHS Web of Conferences, 98, 05016.
Suryadi, A., Putri, M. V., Afrina, A., & Lucky, F. A. (2023). Program Pengembangan E-Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(2), 123–129.
Suryawati, E., Harfal, Z., & Syafrinal, S. (2021). Improving MGMP Teachers’ Self-Efficacy Through Technical Guidance in Learning From Home Program. Journal of Community Service and Empowerment, 2(2), 61–68.
Unayah, U., Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2024). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Resiliensi Matematis dan Gender. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 118-127.
Vikulova, L., Khoutyz, I., Makarova, I., Gerasimova, S., & Borbotko, L. (2020). Information Resources for Foreign Language Teachers’ Self-development: Overview. In Z. Anikina (Ed.), Integrating Engineering Education and Humanities for Global Intercultural Perspectives (Vol. 131, pp. 119–127). Springer International Publishing.
Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i1.31862
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika