Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teknologi pada Mata Pelajaran Matematika melalui Program Kampus Mengajar terhadap Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa SMP

Jainuddin Jainuddin, Ika Wahyu Anita, Puji Nurfauziah

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengaruh pembelajaran berbasis teknologi melalui Program Kampus Mengajar terhadap peningkatan literasi dan numerasi siswa SMP di daerah 3T. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, melibatkan 24 siswa kelas VII. Intervensi dilakukan selama 8 minggu menggunakan media digital seperti GeoGebra dan Quizizz, dengan data dikumpulkan melalui instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang telah divalidasi.  Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kedua kompetensi: literasi (peningkatan rata-rata dengan efek sangat besar, Cohen’s  d  = -34.089) dan numerasi (efek lebih besar lagi, Cohen’s  d  = -58.671). Analisis statistik mengonfirmasi konsistensi peningkatan di semua level siswa, dengan standar deviasi rendah (0.612 untuk literasi; 0.359 untuk numerasi), menunjukkan dampak yang merata. Temuan ini memperkuat teori bahwa pendekatan berbasis teknologi, ketika dirancang dengan prinsip pedagogis yang tepat, dapat mentransformasi pembelajaran matematika.  Simpulan penelitian menegaskan efektivitas media digital dalam meningkatkan literasi dan numerasi secara inklusif, khususnya di daerah terpencil. Harapannya, hasil ini dapat menjadi dasar pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih adaptif terhadap teknologi, serta mendorong pelatihan guru dalam pemanfaatan alat digital secara optimal.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adeilton de Oliveira Andrade, E., Pessoa da Silva, I., & Oneide Meneses Pina, M. (2023). DIGITAL TECHNOLOGIES IN MATHEMATICS EDUCATION. Journal of Interdisciplinary Debates, 4(01), 97–122. https://doi.org/10.51249/jid.v4i01.1255

Anderson, J. R. (1983). A spreading activation theory of memory. Journal of Verbal Learning and Verbal Behavior, 22(3). https://doi.org/10.1016/S0022-5371(83)90201-3

Aufa, N., & Manoy, J. T. (2022). Student’s Mathematical Literacy in Solving Asesmen Kompetensi Minimum Question in terms of Gender. MATHEdunesa, 11(1). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p219-229

Fani, M., & Tranggono, D. (2023). Eksistensi Program Kampus Mengajar Angkatan 4 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SDN Karang Nangkah 1. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.127

Fadilah, S., Junaedi, Y., & Umami, M. R. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis pada Materi Peluang ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Limit Multidisiplin, 1(2), 70-78.

Faragher, R. M. (2023). Numeracy. In A Practical Guide to Educating Learners with Down Syndrome (pp. 202–215). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429262739-21

Gondwe, G., Rowe, E., & Some, E. (2021). Does Numeracy in Digital Journalism Increase Story Believability? : Experiments Comparing Audience Perceptions from the US, Zambia, Tanzania. Journal of Digital Social Research, 3(2). https://doi.org/10.33621/jdsr.v3i2.73

Goos, M., & O’Sullivan, K. (2023). The Evolution and Uptake of Numeracy and Mathematical Literacy as Drivers for Curriculum Reform. In New ICMI Study Series: Vol. Part F776. https://doi.org/10.1007/978-3-031-13548-4_21

Ismawati, E., Hersulastuti, Amertawengrum, I. P., & Anindita, K. A. (2023). Portrait of Education in Indonesia: Learning from PISA Results 2015 to Present. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(1). https://doi.org/10.26803/ijlter.22.1.18

Jones, R. H. (2022). Commentary: Critical Digital Literacies as Action, Affinity, and Affect. In TESOL Quarterly (Vol. 56, Issue 3). https://doi.org/10.1002/tesq.3153

Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49-56.

Junaedi, Y., Anwar, S., & Hilmi, Y. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Augmented Reality berbasis Ethno–RME Kebudayaan Suku Baduy dalam Optimasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 140-149.

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2023, December). Profil Kemampuan Awal Literasi Matematis melalui Pretest Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Program Kampus Mengajar Angkatan 5. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 3, pp. 369-374).

Junaedi, Y., Yulianto, D., Anwar, S., & Umami, M. R. (2023). Analisis Hasil Akhir Kemampuan Numerasi Melalui Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Program Kampus Mengajar Angkatan 5. GeoMath, 4(1), 11-18.

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2024, April). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Program Kampus Mengajar Angkatan 6. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung (pp. 602-610).

Junquer, Â., & Cortez, E. (2022). DO TEXTO AO DIGITAL: MÚLTIPLAS LEITURAS. Linha Mestra, 8(25). https://doi.org/10.34112/1980-9026a2014n25p32-40

Kusuma, A. B., & Retnawati, H. (2022). Factors Influencing Mathematics Learning: Path Analysis. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 11(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v11i2.10514

Maqoqa, T. (2023). Exploring the effects of technology integration in the learning and teaching of mathematics. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 12(2). https://doi.org/10.20525/ijrbs.v12i2.2386

Muhtadi, D., Sukirwan, Warsito, & Prahmana, R. C. I. (2017). Sundanese ethnomathematics: Mathematical activities in estimating, measuring, and making patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185 – 198. https://doi.org/10.22342/jme.8.2.4055.185-198

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hopper, M. (2016). Timss 2015 International Results in Mathematics. TIMSS & PIRLS International Study Center.

Myers, J. A., Hughes, E. M., Witzel, B. S., Anderson, R. D., & Owens, J. (2023). A Meta-Analysis of Mathematical Interventions for Increasing the Word Problem Solving Performance of Upper Elementary and Secondary Students with Mathematics Difficulties. Journal of Research on Educational Effectiveness, 16(1). https://doi.org/10.1080/19345747.2022.2080131

OCED. (2019). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. In OCED 2019: Vols. I, II, III.

Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children New York. In International Universities Press.

Purohit, M., Kumar, V., Solanki, V. K., & Kumar, V. (2022). Integrating Mathematics Education with Technology. World Journal of English Language, 12(3). https://doi.org/10.5430/wjel.v12n3p25

Randjawali, E., Lalupanda, E. M., Enda, R. R. H., Bano, V. O., Nggaba, M. E., Pakereng, Y. M., Kaka, A., & Lulu, V. S. L. (2022). Evaluation of the Implementation of the Ideal Online Learning System in Frontier, Outermost, and Disadvantaged Regions (3T). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3). https://doi.org/10.33394/jk.v8i3.5578

Santos, R. A. H. (2023). Rethinking Technology Literacy for Effective Technology Integration of Secondary Teachers. The Southeast Asian Conference on Education 2023: Official Conference Proceedings. https://doi.org/10.22492/issn.2435-5240.2023.60

Savitsʹka, L. (2023). THE USE OF DIGITAL TECHNOLOGIES IN MATHEMATICS AND HIGHER MATHEMATICS CLASSES IN VOCATIONAL PRE-HIGHER EDUCATIONAL INSTITUTIONS. Sj-Economics Scientific Journal, 48(1). https://doi.org/10.58246/sj-economics.v48i1.623

Setyaningsih, N., & Azizah, L. N. (2023). LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5738

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2022). Implementation of E-Learning Course and the Impact for Technology Literacy of Teacher in 3T Area. AIP Conference Proceedings, 2468. https://doi.org/10.1063/5.0116026

Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1). https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908

Tare, M., Shell, A. R., & Jackson, S. R. (2022). Student engagement with evidence-based supports for literacy on a digital platform. Journal of Research on Technology in Education, 54(2). https://doi.org/10.1080/15391523.2020.1821412

Unayah, U., Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2024). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Resiliensi Matematis dan Gender. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 118-127.

Washington, C. (2015). Virtual Learning Ecosystems: A Proposed Framework for Integrating Educational Games, E-Learning Methods, and Virtual Community Platforms. Online Submission.

Wawan, W., Marsigit, M., Fitria Ningsih, E., Widyawati, S., Kusumaningtyas, W., Mahmudi, M., Suhono, S., Mukhlishin, A., Ganda Putra, F., & Setiawan, A. (2018). Technology-Integrated Collaborative Learning: Convenient Alternative in Developing the Problem Solving Capability and Positive Attitude towards Mathematics. International Journal of Engineering & Technology, 7(3.2). https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.2.18739

Yulianto, D., Umami, M. R., Junaedi, Y., & Anwar, S. (2024). Analisis Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Lebak-Banten: Studi Kasus Soal Tipe PISA dengan Memperhatikan Faktor Akreditasi, Status Sekolah, Tingkat Kemampuan, dan Jenis Kelamin. PAKAR Pendidikan, 22(1), 203-232.

Ziatdinov, R., & Valles, J. R. (2022). Synthesis of Modeling, Visualization, and Programming in GeoGebra as an Effective Approach for Teaching and Learning STEM Topics. In Mathematics (Vol. 10, Issue 3). https://doi.org/10.3390/math1003039




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i1.31966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika