Kajian Ethnomatematika dalam Tradisi Permainan Meriam Karbit pada Etnis Melayu Pontianak dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang Sisi Lengkung

Dewi Sartika, Komalasari Komalasari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mempelajari tradisi permainan meriam karbit di kalangan etnis melayu Pontianak dan menemukan aspek matematika dari tradisi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi dan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini ialah permainan meriam karbit dan objeknya adalah bentuk dan motif pada meriam karbit, sejarah meriam karbit, cara membuat meriam karbit, dan cara memainkan meriam karbit. Lokasi penelitian ini berada di tepian sungai Kapuas jalan Imam Bonjol Gg. H. Mursyid. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Meriam karbit merupakan tradisi yang sudah ada pada zaman kesultanan, berfungsi untuk memperingati awal berdirinya kesultanan Pontianak. Dalam tradisi permainan meriam karbit etnis melayu Pontianak mengandung konsep matematika, yaitu geometri yang dapat digunakan untuk mengajarkan konsep geometri bangun datar dan bangun ruang sisi lengkung. Sehingga dapat mempermudah siswa dalam melakukan abstraksi pada materi geometri. Sesuai dengan definisi etnomatematika, yang berarti pendekatan pembelajaran yang mengaitkan matematika dengan karya budaya dan kebutuhan masyarakat. Hasil dari penelitian ini dapat kita buktikan bahwa pembelajaran matematika berbasis budaya bisa lebih bermakna dan lebih kontekstual. Selain itu, pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan budaya (ethnomatematika) akan lebih menarik, inovatif dan menyenangkan karena sesuai dengan pengalaman siswa sebagai anggota masyarakat.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amirah, & Budiarto, M. T. (2022). Etnomatematika: Konsep Matematika pada Budaya Sidoarjo. MATHEduesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematik, Vol 11. No 1, 311–312.

Citriadin, Y. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Suatu Pendekatan Dasar. Sanabil.

Firmansyah, H., Ramadhan, I., & Wiyono, H. (2023). Perkembangan dan Pelestarian Tenun Corak Insang Khas Kota Pontianak. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, Vol 7. No 1, 12–20.

Juano, A., & Jediut, M. (2019). Eksplorasi Ethnomatematika dan Hubungannya dengan Konsep Geometri pada Matematika Dasar dalam Budaya Masyarakat Manggarai. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Vol 11 No 2, 179–316.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Harfa Creative.

Priatna, A., & Arsani, M. (2019). Media Pembelajaran Matematika dengan Geogebra. PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, P. T. (2024). Makna Tradisi Meriam Karbit dalam Menyambut Hari Raya Idul Fitri di Kota Pontianak. Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2020). Ethnomatematics. UAD Press.

Tawakkal, A. I. (2018). Potensi Tradisi Permainan Meriam Karbit pada Etnis Melayu Pontianak untuk Pembelajaran Matematika Sekolah. Universitas Tanjungpura.

Zaenuri, Dwidayati, N., & Suyitno, A. (2018). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Etnomatematika. UNNES Press Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i2.32038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika