ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL MAHASISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP GEOMETRI DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial mahasiswa dalam memahami konsep geometri dasar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan mendeskripsikan skor tertinggi, terendah, rata-rata, standar deviasi dan variansi. Subjek penelitian terdiri dari 40 mahasiswa PGSD di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan awal spasial mahasiswa program studi PGSD dalam memahami geometri dasar berada pada kategori tinggi (57,5%), sedang (17,5%), rendah (25,7%). Pencapaian pada masing-masing indikator kemampuan spasial yaitu rotasi sebesar 60,5%, orientasi spasial sebesar 50,8%, dan visualisasi spasial sebesar 54%. Temuan ini menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran yang tidak hanya mengembangkan visualisasi, tetapi juga secara aktif melatih rotasi, orientasi dan visualisasi spasial guna mendukung pemahaman geometri secara menyeluruh.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Clements, D. H., & Battista, M. T. (1992). Geometry and spatial reasoning. Dalam D. A. Grouws (Ed.), Handbook of research on mathematics teaching and learning (Vol. 420, p. 464). New York: Macmillan.
Hakiki, A. F., Livana, A., Selvianti, I., Febrianti, S. M., & Hernaeny, U. F. (2025). Kesulitan Mahasiswa pada Kalkulus Diferensial dengan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 12-12.
Khofifah, K., Risalah, D., & Sandie, S. (2022). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Pada Materi Geometri Kelas VII. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(1), 58-64.
Khomeni, A., & Rhamayanti, Y. (2024). Ontogenical Obstacle Peserta Didik dalam Mempelajari Hubungan Antar Sudut Saling Berpenyiku Kelas VII Smp. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 9(1), 135-141.
Lowrie, T., Logan, T., & Ramful, A. (2016). Spatial Reasoning Influences Students’ Performance on Mathematics Tasks. Dalam B. White, M. Chinnappan, & S. Trenholm (Eds.), Proceedings of the 39th annual conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia, (pp. 407–414). Adelaide: MERGA.
Maulid, A. I. (2023). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Kubus. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 571-583.
Rustanuarsi, R. (2023). Kemampuan spasial mahasiswa program studi tadris matematika dalam materi geometri transformasi. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 705-714.
Sari, P. M., Ekawati, Y. N., & Pramudiani, D. (2020). Uji Validitas Isi Modul Permainan Edukatif Berjalan Dan Berhenti (B&B) Untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Spasial Anak Usia Dini: Validity Test Of The Content From Module Educative Game Berjalan Dan Berhenti (B&B) To Improve Spatial Visual Abilities For Early Children. Jurnal Psikologi Jambi, 5(2), 50-63.
Septia, T., Yuwono, I., Parta, I. N., & Susanto, H. (2019). Spatial reasoning ability of students. mathematics college Journal of Physics: Conference Series, 1188, 012102.
Sudirman, S., & Alghadari, F. (2020). Bagaimana mengembangkan kemampuan spasial dalam pembelajaran matematika di sekolah?: Suatu tinjauan literatur. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 60-72.
Wai, J., Lubinski, D., & Benbow, C. P. (2009). Spatial ability for STEM domains: Aligning over 50 years of cumulative psychological knowledge solidifies its importance. Journal of Educational Psychology, 101(4), 817 835.
Wulandari, S. (2019). Kemampuan spasial dalam pengkonstruksian jaring-jaring kubus dan balok. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 7(1), 30-36.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v6i1.32196
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika