Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Aljabar

Dinda Puji Adhiska, Maman Fathurrohman, Etika Khaerunnisa

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sangat rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi aljabar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dianalisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi aljabar kelas VII. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Cilegon. Intrumen yang digunakan adalah instrumen tes pemahaman konsep matematis dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan kategori tinggi dengan presentase 6,67%, kategori sedang dengan presentase 26,67%, rendah 1dengan presentase 6,66% dan sangat rendah dengan presentase 50%. Kesimpulan penelitian ini kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik masih berada dikategori sangat rendah.

 

Kata kunci: Pemahaman konsep, Aljabar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriani, Parhaini. (2015). Penalaran Aljabar Dalam Pembelajaran Matematika. Matematika Siswa. Jurnal Beta, 8(1), 1-13.

Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuam Pemahaman Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantu Software Geogebra. Jurnal Mathematics Education and Science, 2(1), 1-10.

Arifah, Ummi, S., & Aziz, A. (2017). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery. Jurnal UNION Pendidikan Matematik, 5(3), 263-272. (https://doi.org/10.30738/.v5i3.1251) diakses 20 September 2019.

Firmansyah, Dani. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar

Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNISIKA, 3(1), 34-44.

Fujiawati, & Fuja, S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 1(1), 16-28

Hermawan, A. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran Menurut Al-Ghazali. Jurnal Qathruna, 1(1), 84-98.

Kartika, Y. (2018) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar, 2(4), 777-785.

Latif, S. (2017). Mathematical Connection Ability In Solving Mathematics Problem Based On Initial Abilities Of Student At SMPN 10 Bulukumba. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 2017-217. (https://doi.org/10.26858/jds.v4i2.2899) diakses 29 Agustus 2019.

Merdiana, S., Susiwono, & Hidayanto, E. (2017). Student’s Growth of Mathematical Understanding in Solving Derivative Students' Growth of Mathematical Understanding in Solving Derivative Problem. IOSR Journal of Research & Method in Education, 7(3), 36–41. tersedia (https://doi.org/10.9790/7388-0703023641) diakses 29 Agustus 2019

Nasaruddin, N. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Islam. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 59–68. tersedia (https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i2.113) diakses 5 September 2019.

Nurlita. (2016). Minskonsepsi Konsep Prasyarat Aljabar Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Didaktik Matematika, 3(2), 85-95.

Putra, & Harry, D. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Di Bandung Barat. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 19-30. tersedia (https://doi.org/10.30870/jppm.v11i11.2981) diakses 29 Agustus 2019.

Raehang. (2014). Pembelajaran Aktif Sebagai Induk Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Al-Ta’dib, 7(1), 149-267.

Sari, I., Yusrizal, Y., & Duskri, M. (2018). Pengembangan Lembar Self-Assessment Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Didaktif Matematika, 5(2), 40-52. tersedia (https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11975) diakses 23 Agustus 2019.

Suprihatiningsih, S., Sujadi, I., & Sari, R. (2014). Penalaran Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Pokok Faktorisasi Bentuk Aljabar Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(7), 750-757.

Yati, A., Marzal, J., & Yantoro, Y. (2018). Pengaruh Pendekatan pembelajaran Konstruktivisme dan Self-Efficacy Siswa Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 20-29. tersedia (https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11019) diakses 14 Agustus 2019.

Yuliyani, R. (2016). Pembelajaran Matematika Realistik Pada Materi Operasi Aljabar Di Kelas VII MTs Daaruss’adah Ciganjur jakarta Selatan. Jurnal Formatif, 6(3), 256-265.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i1.8130

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika