Analisis Soal Ulangan Harian Matematika SMA Negeri 2 Sungaiselan Kelas XI MIPA 1

Eka Rachma Kurniasi, Siti Farisma, Sri Hartati

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis Soal Ulangan Harian Mata Pelajaran Matematika. Tujuannya adalah untuk mengetahui kualitas soal tersebut. Soal yang dianalisis adalah soal yang dibuat oleh guru mata pelajaran dan sudah dikerjakan oleh siswa pada kegiatan ulangan harian di sekolah. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi soal, serta pengisian lembar observasi siswa secara online. Subjek yang kami pilih adalah seorang guru mata pelajaran Matematika Peminatan dan tiga orang siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Sungaiselan. Dari dokumentasi soal yang diberikan, diperoleh bahwa terdapat soal tipe HOTS dengan persentase kualitas 100%, soal penalaran dengan persentase kualitas tingktan berpikir reproduksi 25%, tingkatan berpikir koneksi 50%, dan tingkatan berpikir analisis 25%, dan soal pemecahan masalah dengan tingkat kesulitan 100%. Dengan masing-masing presentasi ketuntasan 2,7%, 29.7%, dan 32,4% disimpulkan bahwa siswa kurang memahami jenis soal tipe tersebut. Sehingga dari kesiapan siswa terdapat kesulitan dalam menyelesaikan soal tipe HOTS, soal penalaran, dan soal pemecahan masalah dengan variasi soal yang  berbeda.

Kata Kunci : Analisis Soal, Ulangan Harian, Kesiapan Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153. URL: https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62 . Diakses tanggal 11 Juni 2020.

Alvina, S., Adlim, A., & Gani, A. (2015). Strategi Pembelajaran Remedial Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Dan Sikap Siswa SMA Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 3(2), 105-111. URL: http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi. Diakses tanggal 11 Juni 2020

Kurniasi, Eka R., & Juwita, I. 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep matematis Mahasiswa Ditinjau dari Kemampuan Tinggi, Sedang, Rendah. Edutainment: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidika. 7 (1): 21-34 URL:https://doi.org/10.35438/e.v7i1.160. Diakses tanggal 10 Mei 2020.

Hikmah, W., I. 2019. Analisis

Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Level Berpikir. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. 3 (1): 55-63. URL:https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.698. Diakses tanggal 10 mei 2020.

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27-33. URL: https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003. Diakses tanggal 9 Juni 2020

Nurrahma,H. (2018). Pengembangan Gamelan (Game Matematika Petualangan) sebagai media tes ulangan harian berbasis soal cerita (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). URL:http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27296. Diakses tanggal 10 mei 2020.

Pardimin, P., Widodo, S. A., & Purwaningsih, I. E. (2017). Analisis Butir Soal Tes Pemecahan Masalah Matematika. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(1),99-104. URL: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v1i1.1084. Diakses tanggal 9 Juni 2020

Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 274-293. URL:http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.79. Diakses tanggal 10 mei 2020.

Sudijono, A. (2005). Pengantar statistik pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. 1 (2): 1-9 URL:http://irpp.com/index.php/jipk/article/view/715. Diakses tanggal 10 mei 2020.

Suharsimi, Arikusno. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.URL:http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=1780. Diakses tanggal 10 juni 2020.

Sumartini, Triana, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). URL: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_1. Diakses tanggal 10 juni 2020.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876-884. URL: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393. Diakses tanggal 12 Mei 2020.

Zahra, E. A. (2012). Analisis Soal Ulangan Akhir Semester I Kelas X SMA Negeri Banyumas Mata Pelajaran Matematika Tahun Pelajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo). URL:http://eprints.walisongo.a.id/id/eprint/953.12 mei 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i1.8340

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika