Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa Sma Dalam Materi Peluang. Journal On Education, 1(1), 14–21.
Amelia, R. (2015). Pencapaian Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dengan menggunakan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 98–105.
Basir, M. A. (2015). Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 3(1), 106–114.
Dinda Pratiwi, D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 131–141.
Eka Resti Wulan, R. E. A. (2019). Gaya Kognitif Field- Dependent dan Field Independent sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic, 1(02), 123–142. https://doi.org/10.30762/f
H. A. Witkin, C. A. Moore, D. G. and P. W. C. (1977). Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. In Review of Educational Research (Vol. 47, pp. 1–64). https://doi.org/10.3102/00346543047001001
Hanifah, U., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2018). Students’ Spatial Performance: Cognitive Style and Sex Differences. Journal of Physics: Conference Series, 947(1), 1–7.
https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012014
Hidayat, B. R., Sugiarto, B., & Pramesti, G. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1), 39–46.
Istiqomah, N. (2014). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 144–149.
Kusumaningtyas, S. I., Juniati, D., & Lukito, A. (2017). Pemecahan Masalah Generalisasi Pola Siswa Kelas VII SMP Ditinjuau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 76–84.
https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.6994
Mahmudi, A. (2016). Memberdayakan Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan Kompetensi Masa Depan. Prosiding Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2014). Six Principles for School Mathematics. (http://www.nctm.org/uploadedFiles/Math_Standards/12752_exec_pssm.pdf) diakses 12 September 2019.
Putra, A., Murti, B., & Suriyasa, P. (2013). Hubungan Gaya Kognitif dan Penalaran Verbal dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Anatomi II pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Magister Kedokteran Keluarga, 1(1), 92–103.
Rizta, A., Zulkardi, & Hartono, Y. (2013). Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS Matematika SMP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 230–240.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmawati, A., & Sukadasih, L. P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 202–210.
DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i3.8631
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika