EFEKTIVITAS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL SISWA SMP DI KABUPATEN LEBAK

Gani Sulistio, Hepsi Nindiasari, Jaenudin Jaenudin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kemampuan literasi matematis dengan pendekatan problem based learning (PBL) berbasis karakter dan budaya lokal siswa SMP di Kabupaten Lebak. Rendahnya kemampuan literasi matematis dikarenakan siswa cenderung pasif dan kurang melakukan eksplorasi selama proses pembelajaran, akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengerjakan soal. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (Quasi Eksperiment) dengan jenis desain pretest and posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Bojongmanik dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan Soal uraian dan angket. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t independent sample t-test, hasil penelitian memberi kesimpulan bahwa pendekatan Problem Based Learning (PBL) berbasis karakter dan budaya lokal memiliki pengaruh dan meningkatkkan kemampuan literasi matematis siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Franita, Yesi dan Megita Dwi Pamungkas. 2019. Keefektifan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan an Pengajaran Matematika Vol. 5 No.2

Hardiarti, Sylviani. 2017. Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning (PBL) Sebagai Bagian dalam Membudayakan Literasi Matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017

Iwamoto, D.H., Hargis J., Border R. dan Chandler P. 2017. Self Regulated Learning as a Critical Arttribute for Succesfull Teaching and Learning. National Journal for the Scholarship of Teaching and Learning Vol.2 No. 11

Novarian. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Program Pascasarjana Magister Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penereapannya dalam KBK. Surabaya : Penerbit Universitas Negeri Malang

Nursalam, Sitti Mania dan Nur Indah. 2016. Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di kelas VII SMPN 5 Palangga Kab. Gowa. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol.4 No.2

Pratiwi & Ramdhani (2017). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK. Jurnal Gammath Volume 2(2)

Putri, Amytia. (2014). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Berbasis Potensi Lokal pada Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cepogo. Jurnal BIO-PEDAGOGI Vol. 3, No. 2 ISSN: 2252-6897. h. 81-94.

Sari, Rosalia Hera Novita. 2015. Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015. Hlm. 719

Soraya, D., Nyoman J., Komang S.D. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Social Dan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika. Thinking Skills And Creativity Journal Vol 1

Sutjipto. 2005. Apa Yang Salah Dengan Matematika. Buletin Puspendik Vol .2 No 1. Jakarta:DEPDIKNAS

Tabun H.M., Prida N.I.T., Farida D. 2020. Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Matematika Vol.10 No.1

Wardhani, Sri & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika