PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP

Lisa Nurusifa, Anwar Mutaqin, Nova liyosi

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) berpengaruh positif terrhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dan Self-Efficacy siswa SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kota Cilegon tahun ajaran 2019/2020 dengan sampel yang digunakan adalah kelas VII I sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimental. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita kelas eksperimen tidak lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran biasa lebih berpengaruh positif kepada siswa daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization). Sedangkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa skala akhir dan peningkatan Self-Efficacy kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) lebih berpengaruh positif kepada siswa daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran biasa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kaprinaputri, Astra Puspita. 2013. Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI - Vol. 8, No.1

Buku teks

Bandura, A. 2009. Self-efficacy in changing societies. Cambridge, UK: Cambridge University Press.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Skripsi, Tesis, atau Disertasi

Santoso, Edi. (2009). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Dintinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Tesis PPs UPI Sebelah Maret Surakarta: Diterbitkan.

Artikel dari situs internet

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). 2016. PISA 2015 Released Mathematics Items. PISA, OECD Publishing. Tersedia: http://www.oecd.org/indonesia/PISA-2015-Indonesia.pdf. Diakses pada: 20 november 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika