Pengembangan Pembelajaran Daring Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Siswa SMP

Arlika Yuni Arta, Aan Hendrayana, Ihsanudin Ihsanudin

Sari


Pembelajaran daring matematika dikembangkan karena adanya latar belakang masalah yang harus diatasi yaitu terjadinya pandemik yang menyebabkan pembelajaran harus dilakukan di rumah masing-masing, hal ini berlaku untuk setiap jenjang Pendidikan di Indonesia. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang tepat untuk digunakan tanpa memperhatikan jarak antara guru dengan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas media pembelajaran daring matematika berbasis pendekatan kontekstual siswa SMP berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model yang yang digunakan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan memanfaatkan google form. Angket dibuat dengan 4 jenis yang berbeda sesuai dengan tujuan masing-masing, adapun angket ditujukan kepada ahli media, ahli materi, guru matematika, dan siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap guru matematika dan siswa kelas VIII SMPN 4 TANGERANG. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) pengembangan pembelajaran daring matematika dinyatakan sangat valid oleh ahli media dengan nilai yang didapat 3,9 dan ahli materi dengan nilai yang didapat 3,42, dan (2) pembelajaran daring matematika mendapatkan respon yang sangat positif oleh guru dan siswa, sehingga pembelajaran daring memenuhi kriteria kepraktisan saat digunakan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Huda, K., Kristiyanto, A., & Doewes, M. (2016). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum di Sekolah Menengah atas Keberbakatan Olahraga. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 6(1), 28–34. https://doi.org/10.15294/miki.v6i1.9688

Karim, A. (2017). Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Di SMPN 2 Teluk Jambe Timur, Karawang. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 144–152. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1578

Mailani, I. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Teaching and Learning dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal AL-HIKMAH, 1(1), 16–25.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. alfabeta.

Permatasari, E. A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 11–16.

Pratiwi, R. A., Hendrayana, A., & Ihsanudin, I. (2020). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Gnomio Dalam Kecakapan Komunikasi Matematis Siswa Topik Transformasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 380–395. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.199

Sappaile, B. I. (2007). Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. alfabeta.

Suherman, E., & dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.

Susila, R., & Ihsan, H. (2014). Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Edutech, 1(2), 183–195.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika