Pengaruh Model Pembelajaran Multipel Representasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP
Sari
ABSTRAK
Keterampilan berpikir merupakan keterampilan yang wajib dimiliki tiap individu siswa terutama saat proses pembelajaran matematika. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki saat proses pembelajaran adalah keterampilan berpikir matematis. Tetapi, banyak siswa yang belum dapat memaksimalkan kemampuan berpikir kreatif yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model multipel representasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi-ekperimental dengan jenis desain nonequivalent control grup design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas VIII.D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.H sebagai kelas kontrol masing-masing kelas berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan berupa instrument tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil berupa kesimpulan yang didapat bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Angin, S. L., Sutopo, & Parno. (2016). Strategi Pembelajaran Multi Representasi untuk Meningkatkan Konsep Kinematika Mahasiswa Semester Awal. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Pendidikan IPA. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Doyan, A., Taufik, M., & Anjani, R. (2018). Pengaruh pendekatan multi representasi terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 99. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i1.99
Fatmah, F., & Hidayad, A. (2019). Desain Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembiasaan Berpikir Kreatif Calon Guru Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.16664
Herawati, R. F., Mulyani, S., & Redjeki, T. (2013). Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau dari Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 2(2), 38–43. Retrieved from https://eprints.uns.ac.id/11696/1/1151-3387-2-PB.pdf
Ismet. (2013). Dampak program perkuliahan mekanika berbasis multipel representasi terhadap kecerdasan spasial mahasiswa calon guru. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(2), 132–143. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i2.3029
Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada Siswa SMA. Infinity Journal, 2(1), 43–54. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.p43-54
Kalelioǧlu, F., & Gülbahar, Y. (2014). The effect of instructional techniques on critical thinking and critical thinking dispositions in online discussion. Educational Technology and Society, 17(1), 248–258. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.17.1.248
Kusumaningsih, W., Mustoha, A., & Rahman, F. (2018). Pengaruh strategi multiple representasi pada pembelajaran realistik matematik terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa. JIPMat, 3(1), 75–80. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2420
Muhtadi, D., & Sukirwan. (2017). Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Mosharafa, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.289
NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Rahmazatullaili, Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 166–183. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.104
Sari, L. N. (2016). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Nonrutin Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 163–170. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5919
Sariningsih, R., & Herdiman, I. (2017). Mengembangkan kemampuan penalaran statistik dan berpikir kreatif matematis mahasiswa di Kota Cimahi melalui pendekatan open-ended. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 239–246. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.16685
Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Infinity Journal, 2(2), 156–168. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.p156-168
Suhandi, A., & Wibowo, F. C. (2012). Pendekatan multirepresentasi dalam pembelajaran usaha-energi dan dampak terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i1.1988
Supardi, U. (2012). Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 248–262. https://doi.org/10.30998 / formatif.v2i3.107
Swandewi, N. L. P., Gita, I. N., & Suarsana, I. M. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning Berbasis Masalah Kontekstual terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Elemen, 5(1), 31–42. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.932
DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i4.9570
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika