PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN VOCATIONAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL (STUDI PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN VOCATIONAL MELALUI KEGIATAN KETERAMPILAN MEMBATIK, BATIK BANTEN DI SKH NEGERI 01 SERANG).

Yuni Tanjung Utami, Dedi Mulia, Erni Endah Wahyuni

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini adalah sebuah studi deskriptif kualitatif mengenai kajian pengembangan program keterampilan Membatik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan program pembelajaraan keterampilan Membatik pada anak tunarungu di Skh Negeri 01 Kota Serang Provinsi Banten. Fokus penelitian ini mengenai pengembangan program pembelajaran keterampilan Membatik yang meliputi beberapa aspek yaitu, kondisi faktual program pembelajaran keterampilan Membatik, hal-hal apa saja yang dibutuhkan dalam pengembangan program pembelajaran keterampilan Membatik, bagaimana rancangan program pembelajaran keterampilan Membatik dan bagaimana program pembelajaran keterampilan Membatik hasil validasi melalui FGD (focus group discusion). Dari hasil penelitian dan pembahasan kemudian disimpulkan bahwa Ketidak adaannya sebuah program pembelajaran dapat berdampak kepada proses pembelajaran secara langsung seperti sulitnya menentukan materi dalam setiap pertemuan, menentukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dll, sehingga proses yang dilakukan oleh guru dalam membimbing, membantu, dan mengarahkan peserta didik untuk memiliki pengalaman belajar bisa tidak tercapai dengan baik. Program pembelajaran harus berorientasi kepada upaya penyiapan individu siswa agar mampu melaksanakan perangkat kompetensi yang telah direncanakan pada tahap awal pengembangan perencanaan pembelajaran. Program yang telah dirancang terkait pembelajaran keterampilan Membatik ini, kemudian di validasi melalui kegiatan FGD (focus group discusion). Adapun perbuahan yang terjadi pada desain tersebut terletak pada rambu-rambu program, visi dan misi, penilaian, dan beberapa catatan berkaitan dengan tata bahasa maupun dengan pelaksananaan program.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abidin. (2002). Dasar-dasar Pembelajaran, Jakarta: PT Gravindo Karya

Arikunto. Suharsimi, (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Aminudin. (2007). Mengenal dan Membuat Kerajinan Keramik, Bandung : Nuansa Citra Grafika

Bandem. (2002). MembatikSeni. Semarang: Unnes Press

Bastomi, Suwadji. (2000). MembatikIndonesia : Unnes Press

Bunawan Lani dan Yuwati Cecilia Susila (2000). Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu, Jakarta : Santirama

Djumhana. (2008). Menejemen Pembelajaran dan Bimbingan. Jakarta: PT Gravindo Karya

Gregory, Knight, McCracken, Powers and Watson (1999), Issues in Deaf Education, London: David Fulton Publishers

Gustami, Sp. (1997). Seni Kerajinan Mebel Ukir Jepara. Yogyakarta: Insan Seni Indonesia

Hallahan dan Kauffman, (1994), Exceptional Children Introduction to Special Education, USA: ALLyn and Bacon

Hernawati, Tati (2000). Program layanan dasar bimbingan dalam mengembangkan perilaku sosial siswa tunarungu jenjang SLTPLB di SLB, Tesis, UPI Bandung, Tidak diterbitkan.

Komalasari, (2009). Teori Belajar dan pembelajaran, Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Liben, Lynn (1985), Inclusive Education, New York: Routledge

Moleong Lexy ( 2004 ), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja RosdaKarya

Moores (2001). Child Development, Allyn & Bacon, USA: Permission departemen

Nasution (1992). Metode Research. Bandung: Jemmars.

Nelly (1982). Brother, Sistes, and Special needs,Canberra: Australian Government Publishing Service

Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian. Cetakan Ketujuh. Bandung: Ghalia Indonesia.

Nurhadiat, Dedi. (2004). Pendidikan seni: seni rupa 2. Jakarta: PT. Grasindo

Smith J David (1998), Inclusion schools for All Students, USA : Wadsworth publishing Company

Sudjana, (2009), Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif, Bandung: Falah Production.

Sumaatmaja, (1994), Bentuk Keterampilan kontenporer. Yogyakarta: PT Cerdas Bangsa

Sugiyono, (2005), Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suran,S.G and Rizzo J. (1979), Being Deaf: The Experience of Deafnes. London: Pinter Press

Suryobroto. (2009), Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Tarjo, Enday. (2004). Strategi belajar-Mengajar Seni Rupa. Bandung: Jurusan Pendidikan Seni Rupa FPBS UPI.

Tim Pengembang MKDK, (2002). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Dekdipbud




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i2.3539

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .