PENERAPAN LOW COST ASSISTIVE TECHNOLOGY UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS PENYANDANG TUNANETRA

Sistriadini Alamsyah Sidik, Dedi Mulia, Ratih Listyaningtyas

Sari


Kemampuan orientasi mobilitas merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki semua penyandang tunanetra. Kemampuan orientasi mobilitas yang baik dapat mempengaruhi kemandirian tunanetra dalam menjalankan activity daily living sehingga meminimalisir bantuan orang lain. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki penyandang tunanetra adalah kemampuan berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain secara mandiri. Kemampuan tersebut dapat diperoleh ketika penyandang tunanetra diberikan rambu yang sesuai dengan kebutuhannya. Cara yang dapat dilakukan untuk memahamkan penyandang tunanetra mengenai orientasi mobilitas diantaranya adalah kesiapan lingkungan. Diantaranya yang paling penting adalah tersedianya guiding block dan braille index. Dengan kedua fasilitas tersebut penyandang tunanetra akan lebih mudah untuk mengenali lingkungan. Penyediaan fasilitas aksesibel tersebut memerlukan dana yang besar sehingga diperlukan kreativitas untuk mewujudkan hal tersebut dengan dana yang terjangkau  namun tepat guna dan tepat sasaran. Penelitian ini dilakukan untuk melihat kemanfaatan low cost assistive technology yang diterapkan di Kampus FKIP Ciwaru sebagai salah satu fakultas yang memiliki penyandang tunanetra baik dosen maupun mahasiswa. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-Oktober 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa dan dosen tunanetra FKIP Ciwaru. Low cost assistive technology merupakan perwujudan dari fasilitas aksesibel tersebut. Dengan diterapkannya low cost assistive technology, kemampuan orientasi mobilitas penyandang tunanetra meningkat. 


Kata Kunci


Low cost assistive technology, orientasi mobilitas, penyandang tunanetra

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v5i1.8589

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .