ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Abstract
Memiliki keterampilan dasar mengajar adalah hal mutlak bagi mahasiswa pendidikan agar mampu mewujudkan definisi kompetensi guru yang tertuang pada UU Guru dan Dosen. Diiringi dengan perkembangan teknologi, maka besar pula harapan agar mahasiswa pendidikan matematika memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran, sehingga keterampilan mengajar mahasiswa pendidikan matematika dalam pemanfaatan teknologi menjadi hal yang menarik untuk dianalisis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data ditemukan dengan cara observasi, interview dan survey, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterampilan mengajar mahasiswa pendidikan matematika dalam pemanfaatan teknologi dipengaruhi oleh faktor ketepatan dalam memilih materi ajar, faktor kemampuan pengetahuan teknologi mahasiswa, dan faktor kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan apa yang telah dirancang.
Full Text:
PDFReferences
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Al-Tadzkiyyah, 8(1), 31-43. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.
Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Jurnal Pedagogik, 5(1), 100-108. DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v5i1.226.
Febrian, F., & Fera, M. (2019). Kualitas Perangkat dan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Micro Teaching Menggunakan Analisis Model Rasch. Jurnal Gantang, 4(1), 87-95. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1065.
Ketterlin-Geller, L. R., Chard, D. J., & Fien, H. (2008). Making Connections in Mathematics: Conceptual Mathematics Intervention for Low-Performing Students. Remedial and Special Education, 29(1), 33-45. https://doi.org/10.1177/0741932507309711.
Kurniawan, A., & Masjudin, M. (2017). Pengembangan Buku Ajar Microteaching Berbasis Praktik untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia.
Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53-70. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696.
Murtafiah, W. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengembangkan Perangkat Pembelajaran mahasiswa Calon Guru Matematika pada Mata Kuliah Microteaching Melalui Lesson Study. Jurnal Edukasi, 2(1), 1-14.
Nursamsu & Kusnafizal, T. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 1(2), 165-170. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9691.
Purbaningrum, K. A., Safitri, P. T., & Pamungkas, A. S. (2020). Desain Bahan Ajar Lembar Aktivitas Terstruktur untuk Mengoptimalkan Kemampuan Penalaran dan Self-Esteem Matematis Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika. 13(1). 73-86. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i1.7222.
Rahmadi, I. F., Hayati, E., & Nursyifa, A. (2020). Comparing pre-service civic education teachers’ TPACK confidence across course modes: Insights for future teacher education programs. Research in Social Sciences and Technology, 5(2), 113-133. DOI: 10.46303/ressat.05.02.7.
Rohani, A. (2010). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Matraman Raya.
Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sedana, I. M. (2019). Guru dalam Peningkatan Profesionalisme, Agen Perubahan dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, 5 (2), 179-189. DOI: http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v5i2.891.
Setiawan, I. (2018). Efektivitas Mata Kuliah Pembelajaran Mikro (Microteaching) terhadap Keterampilan Dasar Mengajar dan Kesiapan Mengajar. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 15 (2), 51-60. DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.1619.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2017). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensido.
Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zulnaidi, H., & Syed Zamri, S. N. A. (2017). The Effectiveness of the GeoGebra Software: The Intermediary Role of Procedural Knowledge On Students’ Conceptual Knowledge and Their Achievement in Mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6), 2155-2180. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.01219a.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i1.12811
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika