PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Tiara Hamzani Putri, Makmuri Makmuri, Siti Rohmah Rohimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 86 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Kelas tersebut juga telah memenuhi syarat dalam uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Instrumen penelitian yang digunakan adalah hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Instrumen tes berbentuk soal uraian yang terdiri dari enam soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t_hitung=3,785>t_tabel=1,669, maka tolak H_0 pada taraf signifikansi α=0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 86 Jakarta. Berdasarkan perhitungan besar pengaruh diperoleh d=0,9, dengan presentase sebesar 82% yang termasuk ke dalam kategori besar.


Full Text:

PDF

References


Alfian Tri Ananda, Makmuri, L. A. (2013). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Pythagoras Kelas Viii-E Smp Negeri 115 Jakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hanum, T. H. (2020). Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus dengan Pendekatan Saintifik di SMP. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 13(1), 103–118.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum. http://pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-104-tahun-2014.pdf

Nurrohmat, N., Fathurrohman, M., & Santosa, C. A. H. F. (2019). Pengaruh Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(2), 226–241.

OECD. (2016). Results from PISA 2015: Indonesia. Oecd, 1–8. https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf

OECD. (2018). Results from PISA 2018: Indonesia. Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018, 1–10. http://www.oecd.org/pisa/ Data

Pratiwi, W. (2019). Optimalisasi Pendekatan Saintifik Dengan Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Di Madrasah Ibtidaiyah. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 174–191. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2289

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.2007

Simanjuntak, S. Y. K. (2020). Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah Sri. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 6(3), 309. https://doi.org/10.5281/zenodo.3960169

Sisdiknas. (2003). UU No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.24772.17286

Sisdiknas. (2006). Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Chest, 25(1), 1–14. https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007

Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMK Krija Bhakti Utama Limbangan). Jurnal Elemen, 3(1), 97. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.317

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Untayana, J. R., & Harta, I. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran limit berbasis pendekatan saintifik berorientasi prestasi belajar dan kemampuan komunikasi matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 45–54.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i1.12858

Refbacks



Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika