SELF ESTEEM SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA

Riski Aspriyani

Abstract


 

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh self esteem siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika dan bagaimana hubungannya. Diambil sampel 40 siswa kelas XI dari SMA Ya Bakki Kesugihan Cilacap 2019/2020. Instrumen tes komunikasi matematika dan angket self esteem diberikan kepada siswa yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji regresi linear sederhana. Prasyarat analisis hipotesis regresi linear sederhana yang harus terpenuhi adalah uji normalitas dan uji linearitas. Menggunakan , diperoleh hasil bahwa H0 ditolak sebab nilai sig. 0,002 > 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara self esteem dan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan model regresi . Hubungan antara variabel tersebut bersifat korelasi positif karena diperoleh nilai koefisien korelasi  yang berarti bahwa semakin tinggi self esteem siswa akan semakin baik kemampuan komunikasi matematikanya dan sebaliknya. Besarnya nilai self esteem dalam mempengaruhi kemampuan komunikasi matematika yaitu 22,3%.

Kata kunci: Self Esteem, Komunikasi Matematika, Regresi Liner


Full Text:

PDF

References


Aspriyani, Riski. (2017). Pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. JPPM Vol. 10 No. 1 Hal 17-23.

Aspriyani, Riski dan Suzana, Andriani. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Brain Based Learning Menggunakan Permainan Teka-Teki Silang Pada Materi Barisan dan Deret Geometri. JPPM Vol. 13 No. 1 Hal 47-60.

Budiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS press.

Gilad Chen dkk. (2004). General Self‐Efficacy and Self‐Esteem: Toward Theoretical and Empirical Distinction Between Correlated Self‐Evaluations. Journal organizational behavior, volume 25 issue 3.

Mahmudi, Ali. (2006). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika dengan Tema Trend Penelitian dan Pembelajaran Matematika di Era ICT. FMIPA UNY 24 Nopember 2006.

NCTM. (2000). Principles and Standars for Schools Mathematics. Reston. VA: NCTM.

Newbegin, I and Owens, A. (1996). Self-Esteem and Anxiety in Secondary School Achievement. Journal of Social Behavior and Personality. Corte Madera, CA Vol. 11, Iss. 3, (Jan 1, 1996).

Purbaningrum, Kus Andini dkk. (2020). Desain Bahan Ajar Lembar Aktivitas Terstruktur untuk Mengoptimalkan Kemampuan Penalaran dan Self-Esteem Matematis Mahasiswa. JPPM Vol. 13 No. 1 Hal 73-86.

Rahmawati. 2013. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi MatematisSiswa Sekolah Dasar. Makalah Seminar Semirata. FMIPA Universitas Lampung, diakses tanggal 17 Juli 2020.

Sahin, Ertugrul dkk. 2014. Self-esteem and Social Appearance Anxiety: An Investigation of Secondary School Students. Journal of Basic and Applied Scientific Research 4(3)152-159.

Sharma, Shraddha and Agarwala, Surila. 2013. Contribution of Self-Esteem and Collective Self-Esteem in Predicting Depression. Psychological Thought Vol. 6(1), 117–123

Smith, H. M., & Betz, N. E. (2002). An examination of efficacy and esteem pathways to depression in young adulthood. Journal of Counseling Psychology, 49(4), 438–448.

Wibowo, Satrio Budi. (2016). Benarkah Self Esteem Mempengaruhi Prestasi Akademik?. Jurnal HUMANITAS Vol. 13 No. 1. 72-83.

Yuniarti dkk. 2018. Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Self Esteem Siswa SMP melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Materi Segiempat. JNPM Vol. 2 No. 1, Hal. 62-72.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.8582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika