IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU

Mira Marlina, Anton Nasrullah, Isnaini Mahuda, Beni Junedi

Abstract


Calon guru perlu memiliki keterampilan literasi matematika yang baik agar mampu menafsirkan dan menggunakan matematika dalam berbagai konteks keseharian. Namun, kenyataannya sebagian besar calon guru memiliki kriteria kemampuan literasi matematis yang masih kurang. Salah satu pembelajaran yang diharapkan mampu memfasilitasi kemampuan literasi matematis adalah Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran PBL dalam mendukung kemampuan literasi matematis mahasiswa calon guru di Universitas Bina Bangsa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika sebanyak 36 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan literasi matematika dengan indikator yaitu, memahami masalah, menetapkan model, menggunakan matematika dan menjelaskan solusi. Hasil dari penelitian ini adalah kertelaksanaan pembelajaran PBL mampu mendukung kemampuan literasi matematis mahasiswa dengan kategori baik pada indikator menetapkan model, sedangkan pada indikator memahami masalah, menggunakan matematika, dan menjelaskan solusi memiliki kategori cukup.

Full Text:

PDF

References


Afit Istiandaru, Waldono & Mulyono. (2014). PBL, Pendekatan Realistik Saintifik dan Asesmen PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 3 Nomor (2) (2014). P. 64. [Online] https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/issue/view/573. Akses tanggal 10 Oktober 2019

Aghnia, A. (2018). Kualitas Pedidikan anak Indonesia Mengkhawatirkan. [Online] https://beritagar.id/artikel/berita/kualitas-pendidikan-anak-indonesia-memprihatinkan. diakses tanggal 11 Oktober 2019.

Azwar., S. (2010). Tes prestasi (fungsi pengembangan pengukuran prestasi belajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017, February). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 151-160).

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29307

Indrawati, F. (2020, July). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 1, No. 1).

Indrawati, F. A., & Wardono, W. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247-267. Retrieved from

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29307

Kenedi, Ary Kiswanto & Helsa, Yullys. (2017). Literasi Matematis dalam pembelajaran berbasis masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru sekolah dasar dengan tema “Pembelajaran Literasi lintas disiplin ilmu ke-SD-an”. Bukittinggi: Jurusan PGSD FIP UNP.

Nissa, IC & Lestari, P. (2015). Analisis Kemampuan Problem Solving Mahasiswa Calon guru Matematika Berdasarkan Standar PISA.Jurnal Kependidikan Edisi Maret 2015 Vol. 4 No.1 LPPM IKIP Mataram. [online] http://lppm.ikipmataram.ac.id/?attachment_id=473. Akses pada 8 Oktober 2019

Noly Shofiyah & F, E, Wulandari. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientifik Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol.3, No.1 ,p.35. [Online] http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa. Akses tanggal 10 Oktober 2019

OECD (2016). PISA 2015 Assesment and Analytical Framework: Scence, Reading, Mathematics and Financial Literacy., PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/9789264255425-en.

Rafianti, I., Setiani, Y., & Novaliyosi, N. (2018). Profil kemampuan literasi kuantitatif calon guru matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1).

Rafianti, I., Setiani, Y., & Novaliyosi.(2018). Profi Kemampuan Literasi Kuantitatif Calon Guru Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM) Vol. 11 No. 1, p. 63.[Online] http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3759/2753. Akses tanggal 8 Oktober 2019

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo: Jakarta

Sari, RHN. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015. PM-102. [online] http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf. Akses tanggal 8 Oktober 2019.

Sukmadinata, N. S. (2009). Prinsip dan landasan pengembangan kurikulum. Bandung: Rosdakarya.

Susanta, A., & Susanto, E. (2020). Peningkatan Kepercayaan Diri Mahasiswa dalam Pembelajaranstatistika Dasar melalui Problem Based-learning. Jurnal Theorems, 4(2), 179-184.

Syam, M., & Haryanto, Z. (2020, May). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Dasar di FKIP Universitas Mulawarman. In Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar (Vol. 2).

Wardono, W., Waluya, B., Kartono, K., Mulyono, M., & Mariani, S. (2018, February). Literasi Matematika Siswa SMP Pada Pembelajaran Problem Based Learning Realistik Edmodo Schoology. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 477-497).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.8624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika