IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afit Istiandaru, Waldono & Mulyono. (2014). PBL, Pendekatan Realistik Saintifik dan Asesmen PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 3 Nomor (2) (2014). P. 64. [Online] https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/issue/view/573. Akses tanggal 10 Oktober 2019
Aghnia, A. (2018). Kualitas Pedidikan anak Indonesia Mengkhawatirkan. [Online] https://beritagar.id/artikel/berita/kualitas-pendidikan-anak-indonesia-memprihatinkan. diakses tanggal 11 Oktober 2019.
Azwar., S. (2010). Tes prestasi (fungsi pengembangan pengukuran prestasi belajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017, February). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 151-160).
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29307
Indrawati, F. (2020, July). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 1, No. 1).
Indrawati, F. A., & Wardono, W. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247-267. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29307
Kenedi, Ary Kiswanto & Helsa, Yullys. (2017). Literasi Matematis dalam pembelajaran berbasis masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru sekolah dasar dengan tema “Pembelajaran Literasi lintas disiplin ilmu ke-SD-an”. Bukittinggi: Jurusan PGSD FIP UNP.
Nissa, IC & Lestari, P. (2015). Analisis Kemampuan Problem Solving Mahasiswa Calon guru Matematika Berdasarkan Standar PISA.Jurnal Kependidikan Edisi Maret 2015 Vol. 4 No.1 LPPM IKIP Mataram. [online] http://lppm.ikipmataram.ac.id/?attachment_id=473. Akses pada 8 Oktober 2019
Noly Shofiyah & F, E, Wulandari. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientifik Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol.3, No.1 ,p.35. [Online] http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa. Akses tanggal 10 Oktober 2019
OECD (2016). PISA 2015 Assesment and Analytical Framework: Scence, Reading, Mathematics and Financial Literacy., PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/9789264255425-en.
Rafianti, I., Setiani, Y., & Novaliyosi, N. (2018). Profil kemampuan literasi kuantitatif calon guru matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1).
Rafianti, I., Setiani, Y., & Novaliyosi.(2018). Profi Kemampuan Literasi Kuantitatif Calon Guru Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM) Vol. 11 No. 1, p. 63.[Online] http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3759/2753. Akses tanggal 8 Oktober 2019
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo: Jakarta
Sari, RHN. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015. PM-102. [online] http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf. Akses tanggal 8 Oktober 2019.
Sukmadinata, N. S. (2009). Prinsip dan landasan pengembangan kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
Susanta, A., & Susanto, E. (2020). Peningkatan Kepercayaan Diri Mahasiswa dalam Pembelajaranstatistika Dasar melalui Problem Based-learning. Jurnal Theorems, 4(2), 179-184.
Syam, M., & Haryanto, Z. (2020, May). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Dasar di FKIP Universitas Mulawarman. In Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar (Vol. 2).
Wardono, W., Waluya, B., Kartono, K., Mulyono, M., & Mariani, S. (2018, February). Literasi Matematika Siswa SMP Pada Pembelajaran Problem Based Learning Realistik Edmodo Schoology. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 477-497).
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.8624
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika