Upaya Gerai Retail Modern Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Dengan Menggunakan Point Of Purchase Communication

Gerry Ganika

Abstract


Ketika konsumen berhadapan langsung dengan produk merupakan saat-saat yang menentukan terjadinya pembelian, keberhasilan dalam merangsang minat beli konsumen merupakan indikasi terjadinya kesepahaman (mutuall understanding) antara pihak pemasar dengan konsumen, kondisi ini hanya dapat tercipta melalui pola-pola persuasif dalam bentuk komunikasi pemasaran, salah satunya dengan mengefektifkan penerapan komunikasi di tempat pembelian. Point of purchase communication (POPC) merupakan komunikasi pemasaran yang dilakukan tepat pada saat kosumen berhadapan dengan produk baik barang maupun jasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengambilan data dan diolah dengan analisis statistik infrensial parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi POPC dalam mempengaruhi minat beli konsumen sebesar 38% dan sisanya (sebesar 62%) dipengaruhi oleh variabel lain. Keterkaitan antara POPC terhadap minat beli konsumen ditunjukkan dengan nilai koefisien regresinya, sebesar 0,616.


Keywords


Komunikasi Pemasaran; point of purchase communication; minat beli konsumen

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2004. Manajemen pemasaran jasa teori dan praktek. Salemba Empat: Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, Rineka Cipta: Jakarta.

Howard, John A. 1994. Buyer behavior in marketing strategy, 2nd ed, Basic Books Co: New York.

Kotler, Philip. A.B.Susanto. 2000. Manajemen pemasaran di indonesia, Edisi kedua. Salemba Empat: Jakarta.

Meyer, Waren G. 1998. Retail marketing for employees, managers, and entrepreneur. 8th edition. Mc Graw Hill Internasional.

Rossiter, Jhon, Percy, Larry. 1998. Advertising communication & promotin management, 6th edition. Mc Graw Hill Internasional.

Shimp, Terence A. 2000. Periklanan promosi : Aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu. Edisi kelima. Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, 2002. Metode penelitian administrasi. CV Alfabeta: Bandung.

Swastha, Basu dan Irawan. 2000. Manajemen pemasaran modern. Edisi kedelapan. Liberty: Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen jasa. Andi Offset: Yogyakarta.

--- --- ---, Majalah Marketing, --- --- - , No. 07/VII/JULI/2007




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/jrbmt.v6i2.17907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

........................................................................................................................

Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT)
ISSN (Online) : 2599-0837 
Accredited by DGHE Ministry of Education and Cultural Rep. of Indonesia: SINTA 5