Transformasi Bisnis Tur dan Travel Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Business Model Canvas

Ahmad Nizar Yogatama

Abstract


Studi ini meneliti model bisnis perusahaan tur dan travel yang fokus pada pengalaman liburan edukatif di wilayah Bromo. Dengan melakukan wawancara mendalam kepada pemilik Gass Bromo, penelitian ini mengungkap beberapa aspek penting dari operasional bisnis tur dan travel pasca pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat model bisnis baru bagi tur dan travel ke bromo pasca pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma interpretif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemilik dari Gass Bromo (Bisnis Tur dan Travel). Temuan utama penelitian ini adalah segmentasi pelanggan untuk Gass Bromo adalah pelanggan usia 18-30 tahun dan lokasi di Malang Raya, nilai tambah dari pengalaman liburan dengan Gass Bromo adalah juga memberikan edukasi, Gass Bromo juga harus melakukan penyesuaian terus-menerus dalam saluran distribusi, serta hubungan yang akrab dengan pelanggan melalui berbagai media komunikasi yakni Instagram dan Whatsapp. Rekomendasi untuk penelitian berikutnya meliputi penelitian lebih lanjut terhadap preferensi pelanggan serta pengaruh kemitraan bisnis tur dan travel dengan platform online.


Keywords


Tur dan Travel; Business Model Canvas; Pasca Pandemi, Bromo

Full Text:

PDF

References


Abdullah, C., & Suliyanthini, D. (2021). Perubahan perilaku konsumen di masa pandemi COVID-19. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 18–24.

Andayana, M. N. D. (2020). Perubahan prilaku konsumen dan eksistensi UMKM di era pandemi Covid-19. GLORY: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 1(2-Des), 39–50.

Atma, A. (2023, September 19). Hari Pertama Gunung Bromo Dibuka Pasca Kebakaran, Banyak Wisatawan Mulai Berkunjung. beritajatim.com. https://beritajatim.com/peristiwa/hari-pertama-gunung-bromo-dibuka-pasca-kebakaran-banyak-wisatawan-mulai-berkunjung/

Canhoto, A. I., Quinton, S., Pera, R., Molinillo, S., & Simkin, L. (2021). Digital strategy aligning in SMEs: A dynamic capabilities perspective. The Journal of Strategic Information Systems, 30(3), 101682.

Cenamor, J., Parida, V., & Wincent, J. (2019). How entrepreneurial SMEs compete through digital platforms: The roles of digital platform capability, network capability and ambidexterity. Journal of Business Research, 100, 196–206.

Dewi, L. K. C., Widagdo, S., Martini, L. K. B., & Suardana, I. B. R. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Keputusan Wisatawan Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(2), 243–270.

Dzikrayah, F. (2020). Perilaku Konsumen Muslim Terhadap Konsumsi Food and Beverage pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Muamalat, 7(1), 23–34.

Elmo, G. C., Arcese, G., Valeri, M., Poponi, S., & Pacchera, F. (2020). Sustainability in tourism as an innovation driver: An analysis of family business reality. Sustainability, 12(15), 6149.

Faruq, D. U. A. (2023, July 3). 10 Ribu Wisatawan Berkunjung ke Gunung Bromo Selama Libur Iduladha. medcom.id. https://www.medcom.id/nasional/daerah/9K5Dzdak-10-ribu-wisatawan-berkunjung-ke-gunung-bromo-selama-libur-iduladha

Hasyim, R. A., Dammar, B., & Ayasofia, F. (2020). Memprediksi Orientasi Perilaku Konsumen Pasca Pandemi Covid19. Jurnal Abdimas, 7(1), 63–66.

Issalillah, F., Khayru, R. K., Darmawan, D., Amri, M. W., & Purwanti, S. (2021). Analisis Perilaku Konsumen Rokok Mild Berdasarkan Persepsi dan Sikap. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(2), 49–53.

Kamayanti, A. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi: Pengantar Religiositas Keilmuan [Edisi Revisi] (2nd ed.). Penerbit Peneleh.

Lutfi, S. (2022). Desain Strategi Pengembangan Model Bisnis Pariwisata Pantai Gili Labak, Sumenep. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42218

Ngoc, N. M., Tien, N. H., Hieu, V. M., & Trang, T. T. T. (2023). Sustainable Integration in Vietnam’s Tourism Industry. World Review of Entrepreneurship Management and Sustainable Development.

Osterwalder, A., & Euchner, J. (2019). Business Model Innovation: An Interview with Alex Osterwalder. Research-Technology Management, 62(4), 12–18. https://doi.org/10.1080/08956308.2019.1613114

Paramita, I. B. G., & Putra, I. G. G. P. A. (2020). New normal bagi pariwisata bali di masa pandemi covid 19. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 5(2), 57–65.

Permadi, L. A., Darwini, S., Retnowati, W., & Wahyulina, S. (2019). Persepsi Dan Preferensi Wisatawan Muslim Terhadap Sarana Dan Prasarana Wisata Halal Di Lombok (Studi Kasus Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora (JSEH) ISSN, 2461, 0666.

Prayitno, A. R. D., Purwantoro, A., Astuti, N. W., & Haryanto, T. (2023). Analisis produktivitas pariwisata: Studi kasus pada beberapa negara berdasarkan perbedaan karakter wilayah. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(3), 304–312.

Purnamasari, I., Rahmawati, R., Luthfie, M., Apriliani, A., Ramdhani, F., Sastrawan, B., Pratami, M., Ranbilal, R., & Ubaidilah, A. (2023). PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS POTENSI LOKAL. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2).

Purnamasari, I., Rahmawati, R., Luthfie, M., Mardiah, M., Apriliani, A., Ramdani, F. T., Sastrawan, B., Pratami, M., Ranbilal, R., & Ubaidilah, A. (2023). Local Potential Based Tourism Village Development. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 183–193.

Rasoolimanesh, S. M., Ramakrishna, S., Hall, C. M., Esfandiar, K., & Seyfi, S. (2023). A systematic scoping review of sustainable tourism indicators in relation to the sustainable development goals. Journal of Sustainable Tourism, 31(7), 1497–1517. https://doi.org/10.1080/09669582.2020.1775621

Rohmah, A. (2020). Pandemi covid-19 dan dampaknya terhadap perilaku konsumen di indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1373–1378.

Saipuloh, Y., & Surono, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Hotel The Westin Jakarta. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9), 4441–4455.

Santoso, A. (2022). Perancangan Model Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada Losmen Cinderella Di Sampit. Agora, 10(2). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/12791

Sari, N. M., Nugroho, I., Julitasari, E. N., & Hanafie, R. (2022). The Resilience of Rural Tourism and Adjustment Measures for Surviving The COVID-19 Pandemic: Evidence from Bromo Tengger Semeru National Park, Indonesia. Forest and Society, 6(1), 67–83.

Satria, A. (2023). Analisis Keberlanjutan Lingkungan dalam Pengembangan Sektor Pariwisata: Perspektif Ekonomi Lingkungan di Destinasi Wisata. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi Dan Politik, 1(1), 16–23.

Sholeh, M. I. (2023). Menghadapi Persaingan Sengit Lembaga Pendidikan: Strategi Diferensiasi dalam Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 192–222.

Sugiana, N. S. S., & Musty, B. (2023). Analisis Data Sistem Informasi Monitoring Marketing; Tools Pengambilan Keputusan Strategic. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 12(2), 696–708.

Susanto, N. (2020). Development of Ecotourism-Based Strategy: A Case Study of Tinjomoyo Tourism Forest. E3S Web of Conferences, 202(Query date: 2023-04-05 08:58:01). https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020203004

Widyarini, W. (2020). Pemasaran Wisata Halal Di Indonesia Pasca Covid-19. Az-Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 12(1).

Wulung, S. R. P., Latifah, A. N., Saidah, A. F., Ningtias, A. S., & Yasyfa, F. (2021). Dampak Covid-19 pada Destinasi Pariwisata Prioritas Bromo Tengger Semeru. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(2), 123–132.




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/jrbmt.v7i2.23207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License