Banten Lama: Motivasi dan Citra Destinasi Dalam Kunjungan Ulang Generasi Y dan Z
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh motivasi perjalanan sebagai faktor pendorong dan faktor penarik terhadap niat kunjungan ulang, dengan citra destinasi sebagai variabel yang memediasi hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua pengunjung situs Banten Lama yang telah melakukan kunjungan lebih dari 3 kali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi perjalanan sebagai faktor pendorong memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat kunjungan ulang. Selain itu, motivasi perjalanan sebagai faktor penarik juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung ulang. Motivasi perjalanan sebagai faktor pendorong juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap citra destinasi. Sementara itu, motivasi perjalanan sebagai faktor penarik juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap citra destinasi. Kemudian, citra destinasi juga berhasil memediasi hubungan antara motivasi perjalanan dan niat kunjungan ulang.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.48181/jrbmt.v7i1.23928
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
........................................................................................................................
Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT)
ISSN (Online) : 2599-0837
Accredited by DGHE Ministry of Education and Cultural Rep. of Indonesia: SINTA 5