Banten Lama: Motivasi dan Citra Destinasi Dalam Kunjungan Ulang Generasi Y dan Z

Risma Raueta, Agus David Ramdansyah, Hayati Nupus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh motivasi perjalanan sebagai faktor pendorong dan faktor penarik terhadap niat kunjungan ulang, dengan citra destinasi sebagai variabel yang memediasi hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua pengunjung situs Banten Lama yang telah melakukan kunjungan lebih dari 3 kali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi perjalanan sebagai faktor pendorong memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat kunjungan ulang. Selain itu, motivasi perjalanan sebagai faktor penarik juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung ulang. Motivasi perjalanan sebagai faktor pendorong juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap citra destinasi. Sementara itu, motivasi perjalanan sebagai faktor penarik juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap citra destinasi. Kemudian, citra destinasi juga berhasil memediasi hubungan antara motivasi perjalanan dan niat kunjungan ulang.


Keywords


motivasi perjalanan; citra destinasi; niat kunjungan ulang.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.48181/jrbmt.v7i1.23928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License